yoga dan kundalini

yoga dan kundalini

praktek yoga merupakan tradisi yang sangat kuno ,di perkirakan ajaran yoga sudah ada di india sejak 3000 sebelum masehi.yoga bertujuan membawa pelakunya kepersatuan mistik dengan Tuhan .prosedur ini pertamakali di ciptakan oleh patanjali seorang sarjana dan pelaku seni dari india,bukunya yang terkenal bernama yoga sutras bermula di abad kedua dan ketiga sebelum masehi.sistem yoga terdiri dari;intruksi dan latihan mendetail dari pernapasan[pranayama],yoga penguasaan badan[hatha yoga],yoga pembangkitan energi yang tertidur dalam badan [kundalini yoga],yoga suara dan nyanyian [mantra yoga],yoga tindakan kebaktian[bakti yoga],yoga tindakan baik [krama yoga],yoga penenangan pikiran dan meditasi [ghana dan raja yoga].
Kundalini secara harfiah berarti yang melingkar . kundalini mengajarkan bahwa energi tertidur ada di dalam diri setiap orang . kundalini yang terletak di dasar tulang punggung bila terbangkitkan akan bergerak naik keatas merayapi tulang punggung .kundalini membangunkan beberapa pusat kebatinan [ chakra ] di dalam diri.

REIKI

Dalam beberapa tahun terakhir di berbagai belahan dunia telah ditemukan tehnik penyembuhan baru yang sering di hubungkan dengan apa yang di yakini sebagai energi yang tersedia tanpa batas di alam semesta,orang jepang menyebutnya Reiki dan orang cina menyebutnya Lingchi.kata Reiki berasal dari bahasa jepang,Rei dan ki,Rei artinya alam semesta atau tuhan dan ki atau chi artinya energi murni atau energi vital ,Reiki berarti energi dari alam semesta atau energi dari Tuhan.
Menurut para praktisinya Reiki dapat menyembuhkan berbagai penyakit.tehnik penyembuhan Reiki hampir mirip dengan penyembuhan Akupunktur.Reiki Tumo sebagai aliran reiki kuno yang mempunyai simbol-simbol dan pelajaran jauh lebih banyak dari pada Reiki jepang.kundalini Reiki di kembangkan oleh Olle Gabrielson asal denmark di dasarkan pada hasil meditasi Ascended master khutumi,ia adalah salah seorang yang sudah mencapai pencerahan terlepas dari jalur reinkarnasi,setelah meninggal ia hidup abadi[gentayangan]yang sering membantu orang untuk menjadi seperti dirinya [sekutunya].

CHAKRA

Didalam tubuh manusia terdapat pusat simpul -simpul saraf yang di sebut chakra, kata chakra berasal dari bahasa sansekerta yang artinya Roda, yaitu roda perputaran energi yang berputar ke kiri dan ke kanan.bentuk chakra seperti corong dengan permukaan terbuka . Chakra adalah pusat-pusat energi vital dalam berbagai tingkatan pengalaman atau kesadaran . chakra adalah tempat keluar masuknya energi etherik ,chakra berfungsi sebagai penyalur energi dan penyerap energi alam.
Chakra mampu mengatur keluar masuknya energi dan pendistribusian energi tersebut kepada organ -organ tubuh di sekitar chakra yang bersangkutan . Apabila sebuah chakra tidak berfungsi dengan baik akan berdampak negatif pada organ -organ tubuh di sekitarnya .

KUNDALINI REIKI

penulis : wahyu.taqwa.cirebon@gmail.com

Kundalini Reiki, dikembangkan oleh Olle Gabrielson melalui proses selama bertahun-tahun. Didasarkan pada hasil meditasi chanelling dari Master Kundalini. Aliran ini terdiri atas 9 level. Aliran ini mengklaim bisa membangkitkan kundalini dengan aman, pembangkitan kundalini diberikan pada level 2. Kundalini Reiki merupakan sebuah teknik pendayagunaan energy tubuh (kundalini) dan energy luar tubuh (reiki) yang ditujukan untuk keperluan tertentu seperti penyembuhan, meningkatkan kualitas dan kuantitas aura, kecantikan, perlindungan, perwujudan keinginan, dll

Kundalini adalah sebuah energy yang tidak akan pernah habis yang ada disetiap manusia, sedangkan reiki adalah sebuah energy cerdas yang berasal dari dimensi tinggi, perpaduan 2 energy luar biasa ini membuat metode ini banyak diminati masyarakat khususnya mereka yang sedang membutuhkan penyembuhan alternatif atau para praktisi metafisik. Kundalini Reiki merupakan metode pendayagunaan energy yang sangat simple tetapi powerfull, tidak membutuhkan konsentrasi tinggi, latihan pernafasan, latihan jurus yg melelahkan, mantra-mantra dan hal mistik lainnya. Kundalini Reiki sangat simple penggunaannya karena tidak menggunakan simbol-simbol.

Kundalini Reiki ditemukan oleh Master Ole Gabrielsen dari Denmark dan telah tersebar diseluruh dunia. Untuk mempelajari Kundalini Reiki, anda cukup menerima attunement (penyelarasan energy) dari seorang Master sekitar 30 menit dan seketika itu juga anda dapat menggunakan Kundalini Reiki untuk berbagai keperluan. Dalam aplikasinya, anda cukup meniatkan saja akan mengakses energy KR untuk keperluan tertentu.. misal: “saya akses dan salurkan energy KR untuk menyembuhkan sakit kepala saya sekarang”. Anda juga dapat menggunakan energy KR anda untuk menyembuhkan orang yang berada jauh dari tempat anda tinggal, cukup niatkan saja, contoh: “terkirimlah energy KR kepada Ibunda Muslimah di Bumi Panyileukan, Bandung.. semoga disembuhkan dari penyakit flu nya secara cepat dan sempurna”

Dengan mempelajari Kundalini Reiki, anda dapat menyembuhkan diri sendiri dan orang lain secara alami, tanpa obat-obatan. Penyembuhan yang dapat anda lakukan meliputi penyembuhan fisik (segala macam penyakit fisik), mental (trauma, dll) , emosional (dendam, marah dll) , maupun spiritual. Anda juga akan diajarkan bagaimana membersihkan rumah anda dari energy negatif, sehingga anda sekeluarga akan merasa lebih nyaman, dan sehat.
Selain itu, Anda juga akan diajarkan cara mengajarkan Kundalini Reiki kepada orang lain. Sehingga anda dapat menyebarkan Kundalini Reiki ini kepada keluarga, sahabat, orang terdekat agar mereka dapat menyembuhkan diri mereka sendiri.. Dan sebagaimana tradisi reiki kundalini pada umumnya, selain mendapat attunment energi reiki praktisi juga mendapat SHAKTIPAT kundalini pada attunment Kundalini Reiki tingkat ke 2. Sangat disarankan bagi yang mengalami kundalini sindrom untuk mengikuti attunment kundalini reiki.
Attunement tambahan yang dipaketkan dalam attunement tingkat ke 3 :

DIAMOND REIKI (REIKI BERLIAN) – Apabila menggunakan teknik ini, maka sebuah kristal (berlian) eterik akan berada di chakra mahkota praktisi, dan memperkuatkan kualitas penyaluran Reiki praktisi.

CRYSTALLINE REIKI (REIKI KRISTAL) – Dikeseluruhan tubuh kita terdapat jumlah kecil kristal yang tertentu,ini adalah jalan keluar bagi trauma yang telah kita alami sepanjang hidup. Setiap kali kita gagal untuk menyelesaikan sesuatu trauma,sebutir kristal akan terbentuk. Trauma ini contohnya adalah seperti tulang tangan yang patah, keseleo, kesedihan dan sebagainya. Misalnya jika seseorang itu patah tulang ditangan maka sebutir kristal terbentuk untuk menjadi memori dari kesakitan dan perasaan dari trauma itu. Melalui Metode pengaliran reiki kristal ini akan mencair dan disembuhkan.

DNA REIKI (REIKI DNA) – Menguatkan kemampuan untuk menyembuhkan / memperbaiki kualitas DNA. Contohnya penyakit keturunan seperti Asma & dll.

BIRTH TRAUMA REIKI (REIKI TRAUMA KELAHIRAN) – Salah satu bentuk trauma adalah trauma akibat proses kelahiran. Ini mungkin terjadi akibat proses kelahiran yang sulit seperti bayi sungsang, premature, tali pusat terbelit dan sebagainya. Kesan daripada kejadian tersebut mungkin mengakibatkan seseorang tersebut mengalami trauma seperti takut dalam kegelapan atau sesuatu dan sebagainya. Trauma ini dapat dihilangkan secara perlahan dengan teknik ini

LOCATION REIKI (REIKI LOKASI) – Teknik ini digunakan untuk menyelaraskan “Carmic Band” antara manusia dengan suatu tempat yang penuh energi negatif yang menggangu kesehatan manusia. Oleh itu teknik location reiki digunakan untuk menetralkan energi negatif tersebut.

BALANCE REIKI (PENYEIMBANGAN REIKI) – Teknik ini digunakan untuk menyeimbang seluruh sistem energi tubuh .

Tingkatan Kundalini Reiki:
1. Kundalini Reiki 1 : Attunement pertama ini membuka jalur-jalur penyembuhan untuk menyalurkan energy reiki. Di tahap ini, anda dipersiapkan untuk terbangkitkannya kundalini di kundalini reiki 2. Chakra mahkota, chakra jantung dan chakra telapak tangan dibuka atau diperkuat. Anda mempelajari untuk melakukan penyembuhan secara menyeluruh dan sempurna, serta melakukan penyembuhan jarak jauh. Kundalini reiki 1 sepadan dengan attunement usui reiki 1-2-3.
2. Kundalini reiki 2 : Jalur reiki diperkuat. Kundalini terbangkitkan dimana jalur energy utama terbuka perlahan dan pasti, nyala ”api” Kundalini mencapai minimal Chakra Solar Plexus, persiapan untuk kenaikan kundalini secara penuh pada Kundalini Reiki 3. Anda juga mempelajari meditasi khusus. Ketika anda melakukan meditasi ini, anda meningkatkan dalam waktu singkat kekuatan nyala api pada api kundalini atau energi kundalini. Pada tahap ini, semua chakra atau system energy menjadi bersih dan aktif. (Minimum 2 hari setelah Kundalini reiki 1).
3. Kundalini Reiki 3 (Kundalini Reiki Master) : Seperti attunement sebelumnya. Menguatkan dan membuka Chakra Tenggorokan, Solar Plexus, Hara dan Chakra Dasar. ”Api” kundalini menjadi lebih kuat dan mencapai keatas dan keluar melalui chakra mahkota-kundalini naik secara penuh. Anda juga mempelajari memberikan attunement pada crystal dan obyek yang lain, sehingga mereka terprogram sebagai saluran reiki. Termasuk attunement extra : 1. balance. 2. diamond reiki. 3. crystalline reiki. 4. DNA reiki. 5. birth trauma reiki. 6. location reiki. 7. past life reiki. Anda juga mempelajari untuk memberikan attunement kundalini reiki 1-2-3. (minimum 10 hari setelah kundalini reiki 2).
4. Kundalini reiki booster 1-2-3 (kundalini reiki 4-5-6) memperkuat penerimaan attunement sebelumnya, pada masin-masing tahap seluruh chakra, saluran/jalur energi utama dan jalur energi ke tangan dilebarkan dan diperkuat. Setelah kundalini reiki booster 3, kekuatan anda untuk menyalurkan reiki akan meningkat sekitar 100%, anda juga telah bisa memberikan attunement kundalini reiki booster 1-2-3 kepada orang lain.
5. Kundalini reiki booster 4-5-6 (kundalini reiki 7-8-9) memperkuat penerimaan attunement sebelumnya, pada masin-masing tahap seluruh chakra, saluran/jalur energi utama dan jalur energi ke tangan dilebarkan dan diperkuat. Setelah kundalini reiki booster 3, kekuatan anda untuk menyalurkan reiki akan meningkat sekitar 300%, anda juga telah bisa memberikan attunement kundalini reiki booster 1-2-3 kepada orang lain.
(masing-masing dilakukan sekitar 25 menit). Dari Berbagai Sumber.

Kata Kundalini sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti gulungan. Dalam keadaan tidur (belum bangkit dan belum aktif) kundalini berbentuk gulungan 3½ lingkaran yang terletak di sumsum tulang belakang manusia, tepatnya melingkar antara alat genital dan anus atau disebut perinium/area titik akupuntur hui yin. SHAKTI berarti kekuatan/energi panas yang naik.

Banyak aliran yoga yang menganggap kebangkitan kundalini perlu dan penting untuk mencapai pencerahan. Tapi juga banyak yang menganggap untuk mencapai pencerahan tidak diperlukan kundalini. Pada sebagian besar orang kundalini mereka masih dalam keadaan tertidur. Namun setelah kundalini dibangkitkan dan aktif, ia akan merambat naik melalui jalur sushumna , menembus semua chakra dan akhirnya keluar dari chakra mahkota.
Pada saat merambat naik, kundalini akan membersihkan semua jalur-jalur energi yang dilaluinya dan saat itu, anda akan merasakan sensasi-snsasi tertentu ditubuh anda.

Tanda-tanda kebangkitan kundalini :
- emosi tidak stabil
- denyutan di perinium
- sakit kepala yang mirip dengan migrain
- daya ingat menghilang
- masalah pencernaan (mencret)
- rasa panas di sepanjang tulang punggung
- rasa geli di sepanang tulang punggung
- sering mengalami kram
- sakit flu yang tak kunjung sembuh
- dll

Dan apabila terjadi tanda-tanda seperti tersebut di atas pada diri anda? Silakan saudara untuk cek up ke dokter dulu. Jangan tergesa-gesa mengira telah terjadi kebangkitan kundalini pada diri saudara. Walaupun kita tahu telah banyak terjadi kebangkitan kundalini secara spontanitas pada diri seseorang. Tanpa ada usaha membangkitkan dengan sengaja. Seperti yang saya alami, kundalini saya telah bangkit secara spontanitas. Kapan pastinya saya tidak tahu. Cuma yang saya ingat waktu kecil dulu, sering muncul rasa geli disepanjang tulang punggung, saat saya mau beranjak tidur malam. Bahkan saya sering resah dan terbangun di tengah malam gara-gara rasa geli itu muncul. Dan baru saya ketahui, saat saya berusaha membangkitkan kundalini waktu dewasa. Karena kebangkitan tersebut, saya punya perasaan yang lebih sensitif dari pada orang lain. Akibatnya hampir kurang lebih 13 tahun saya sering merasa terasing maupun sedih tanpa tahu penyebabnya. Mulai dari kecil itu, saya lebih suka menghabiskan waktu dalam kesendirian, untuk memikirkan hal-hal yang berhungan tentang kehidupan. Juga telah kehilangan waktu/masa-masa perkembangan seorang anak pada umumnya.

Adapun kebangkitan kundalini bisa terjadi karena :
*.faktor bakat bawaan lahir
*.rajin dan tekun beribadah serta menyukai hal-hal spiritual
*.membaca mantra / kalimat suci tertentu
*.rajin meditasi
*.latihan yoga
*.kesedihan yang sangat mendalam
*.sakit panas yang tinggi
*.kecelakaan pada tulang ekor (kasus-kasus tertentu)
*.dll

Adapun manfaat kundalini antara lain:
*.Menciptakanngan tubuh secara holistic (fisik, mental, emosional dan spiritual)
*.Membantu proses percepatan penyembuhan seluruh jenis penyakit
*.Peningkatan daya imun tubuh dari penyakit dan stress
*.Melepaskan trauma masa lalu
*.Perbaiki sikap mental yang kurang baik
*.Meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi
*.Kemampuan untuk mengontrol pikiran dan emosi
*.Melancarkan peredaran darah
*.Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan meremajakan DNA tubuh
*.Membersihkan kotoran-kotoran eterik
*.Memperbaiki system metabolisme
*.Membersihkan chakra-chakra dan jalur-jalur energi
*.Memurnikan getaran/vibrasi energi pada tubuh
*.Menyeimbangkan keaktifan semua chakra
*.Memurnikan prana/energi yang masuk ke dalam tubuh
*.Membantu bangkitnya kemampuan clairvoyance, yaitu kemampuan dalam melihat dan merasakan energi yang halus (subtle energies) seperti : melihat aura, pancaran energi, melihat chakra dll
*.Membantu bangkitnya kemampuan clairaudience, yaitu kemampuan dalam mendengar dan memaham suara gaib, mendengar pesan dari alam/dimensi lain.
*.Membantu bangkitnya kemampuan psychometry, yaitu dapat mengetahui sejarah suatu benda hanya dengan sentuhan saja.
*.Membantu bangkitnya kemampuan clairsentience, yaitu kemampuan merasakan suatu pikiran, emosi, aroma, dan sensasi fisik (emosi dan sakit yang diderita orang lain)
*.Membantu bangkitnya kemampuan psychokinesis, yaitu kemampuan mempengaruhi sikap, pikiran dan jiwa seseorang ke arah yang lebih baik, menenangkan orang yang kalap, bingung, emosi, dan dapat menyadarkan/menetralisir orang yang kesurupan (trance).
*.Materialisasi, yaitu kemampuan untuk mewujudkan/mempercepat proses pencapaian keinginan/cita-cita, menetralisir suatu tempat / benda dari energi yang merugikan.
*.Out Of Body Experice, yaitu kemampuan untuk melepas tubuh eterik memasuki dimensi tingkat tinggi, bertemu dengan spiritual guide/ascended masters/guru-guru tingkat tinggi
*.Merasakan peningkatan pengalaman spiritual dalam kehidupan yang anda jalani sekarang maupun pada tigkat dimensi yang lebih subtle dan tinggi.
*.Lebih mudah memasuki keadaan meditatif
*.Peningkatan kesadaran yang lebih tinggi guna pencerahan/enlightment
*.Proteksi tubuh, harta benda dan objek lainnya
*.Terlindungi dari niat tidak baik orang lain
*.Netralisir ancaman-ancaman kejahatan
*.Terbebas dari pengaruh serangan energi negatif
*.Reflek tubuh yang baik disaat bahaya mengancam, dll

Akan tetapi jika kebangkitan kundalini seseorang didapatkan bukan melalui bimbingan seorang master/guru kundalini, maka kemungkinan besar ia akan mengalami kundalini syndrome dimana bangkitnya kundalini mengalami beberapa masalah seperti penyempitan jalur sushumna , dll.

Syndrome kundalini dapat terjadi karena saluran pada jalur nadi sushumna belum terbentuk. Ketika kundalini sudah mulai bangkit ia akan mengeluarkan uap panas, uap panas ini akan naik melalui jalur sushumna dan berusaha membuat saluran kearah chakra mahkota . Pada umumnya saluran tersebut belum terbentuk sehingga uap panas itu akan tertahan dibagian tubuh tertentu dan kotoran-kotor an hasil pembakaran akan tersebar pada organ-organ tubuh terdekat dimana uap panas itu terhenti. Contoh: jika terhambat di chakra jantung maka dapat mengakibatkan masalah pada organ jantung dan sekitarnya, lebih bahaya lagi jika syndrome terjadi di sekitar kepala, kemungkinan besar mengakibatkan sakit kepala yang akut, dan bahkan pada beberapa kasus dapat mengalami gangguan jiwa karenanya.

Beberapa symptom-symptom kundalini syndrom:

*.merasakan aliran yang panas membakar atau dingin seperti es yang mengalir di tulang punggung
*.sakit berpindah-pindah diseluruh tubuh
*.gejala-gejala pilek, sinusitis, atau demam selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun
*.merasakan getaran/kram/kesemutan pada perut bagian bawah/kaki/tempat lainnya
*.denyut jantung lebih cepat diatas normal dan meningkatnya metabolisme tubuh
*.susah tidur, kelelahan, depresi
*.menurunnya daya konsentrasi dan ingatan
*.tidak stabilnya emosi
*.bunyi melengking atau hampa ditelinga
*.merasa terasing karena tidak tahu atas apa yang terjadi
*.hipersensitif terhadap suara cahaya, bau-bauan dan kehadiran seseorang
*.pengalaman-pengalaman mistik/keagamaan dan metafisik
*.masalah menemukan keseimbangan antara keinginan hidup suci dengan impuls seks yang tinggi
*.terisolasi karena tidak ada seorangpun yang dapat diajak berbagi dengannya
*.phenomena cahaya didalam dan diluar tubuh
*.perasaan mengalami orgasme pada baagian-bagian tubuh yang berbeda, atau mengalami total cosmic orgasm
*.dll

Pembangkitan yang aman dilakukan dengan cara sebagai berikut :
- membuka jushumna, sampai dari cakra mahkota sampai ke cakra dasar
- membuka ke tujuh cakra utama, yaitu cakra mahkota, cakra dasar,cakra sex, cakra pusar, cakra jantung, cakra tenggorokan, cakra ajna/mata ketiga dan kedua cakra telapak tangan dan kaki
- menghubungkan cakra-cakra tersebut dengan jalur sushumna secara sempurna
- membangkitkan kundalini, yaitu mengaktifkan api kundalini.
Kebanyakan orang membangkitkan kundalini untuk membuka jalur sushumna dan cakra-cakra utama. Memang hal ini bisa terjadi, tapi perlu dipahami hambatan yang ada di sushumna dan cakra-cakra pada manusia biasanya sangat banyak. Bila kundalini dibiarkan membobol jalur sendiri, proses yang terjadi akan sangat menyiksa. Tekanan yang tinggi dari energi kundalini akan berakibat buruk. Efek yang ditimbulkan bisa berpengaruh pada tubuh fisik, serta mental emosional. Cara yang aman dalam membangkitkan kundalini adalah dengan membuka dan membersihkan sushumna dan cakra-cakra utama, sampai bersih. Baru kemudian membangkitkan kundalini. Dan setelah bangkit pun harus memiliki teknik yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul.
Teknik untuk membuka, membersihkan, jalur shusumna dan ketujuh cakra
*. Teknik sentuhan tangan
*. Teknik bola energi
*. Teknik mantra
*. Teknik napas
*. Teknik prana

Proses kebangkitan KUNDALINI dibagi menjadi 3 tahapan :
*. Proses pembersihan
adanya rasa panas yang menjalar di tulang punggung akibat energi panas kundalini yg mulai naik dan membakar energi-energi emosi negatif.
*. Pemurnian
Jalur sushumna dan ke-7 cakra sudah terbuka dan api kundalini pun sudah mulai naik sehingga energi kundalini terasa lebih dingin dari sebelumnya.
*. Menaikan Inti Kundalini
Hal ini bisa dilakukan, setelah jalur sushumna dan ke-7 cakra sudah selebar tubuh, Agar energi bisa selaras dengan tubuh dan tidak terlalu panas di tubuh, maka pelaku harus sering melakukan GROUNDING atau menyalurkan energi yang berlebih dan menyerap ENERGI BUMI ke dalam tubuh.

GROUNDING
Bagaimana untuk menghindari kundalini syndrome….?saya selalu menjawab Grounding dan Grounding. Dengan grounding energi YIN dan YANG dalam tubuh akan selaras/seimbang. Saya sarankan selain menggunakan sholawat syifa/thibbil qulub juga melatih sistem meditasi grounding karena dengan sistem ini, kita membuka cakra telapak kaki dan tangan. Dan dalam meditasi juga bisa digabung dg membaca sholawat tsb.
Bagi saya meditasi grounding merupakan prosesi diri untuk lebih membuka diri dalam menerima dan menyadari berkah Allah yang berupa energi bumi yang selama ini tidak pernah kita sadari dan tidak pernah kita syukuri. Sejak lahir kita selalu makan, minum, berpijak pada bumi. Dan tidak pernah satu kalipun kita terpelanting lepas dari bumi.

JALUR SUSHUMNA
Sebagai bahan pemikiran dan renungan bersama, mari kita pelajari bersama mengenai fungsi tulang punggung/sushumna. Tulang punggung menyimpan banyak syaraf-syaraf yang berhubungan dengan organ-organ dalam pada tubuh. Seperti mata, jantung, paru-paru, ginjal dsb. Para penganut Tao khususnya penyembuhan akupuntur menganggap tulang belakang khususnya tulang ekor terhubung dengan 12 cabang rumah syaraf sakrum terhubung dengan 365 titik akupuntur.

MEKANISME BANGKITNYA KUNDALINI

1.Ketika kundalini mulai aktif tetapi belum bangkit, gulungan energi kundalini yang terletak di perinium mulai memanas dan tampak berwarna merah keemasan dan berbentuk bulat. Dengan latihan yang rutin, energi berwarna merah keemasan tersebut akan semakin membara sehingga tampak warnanya bertambah merah dan di inti gulungan tersebut mulai terdapat energi berwarna biru yang disebut sebagai inti kundalini. Semakin lama inti kundalini yang berwarna biru akan semakin membesar sampai hampir seluruh gulungan energi kundalini pada chakra dasar menjadi berwarna biru dan energinya bertambah kuat. Pada saat ini kundalini mulai bangkit dan bergerak naik dari chakra dasar naik menuju tubuh bagia n atas melalui nadi sushumna. Uap panas yang dihasilkan oleh panas energi kundalini akan mulai naik mencari jalan keluar melalui nadi Sushumna . Dengan latihan yang benar intensitas energi kundalini akan mulai meningkat, energi kundalini berwarna merah keemasan mulai naik keatas pada nadi sushumna. Energi kundalini yang berwarna merah keemasan yang disebut sebagai api kundalini mulai naik keatas bersamaan dengan uap panas yang dihasilkan oleh energi kundalini yang disebut sebagai uap kundalini. Uap kundalini dan api kundalini akan berusaha naik keatas dengan membuat saluran pada nadi sushumna (terletak berbarengan di tulang punggung, vertikal dari ujung tulang ekor ke chakra mahkota). Perlahan-lahan energi berwarna biru naik mengikuti energi merah keemasan. Energi yang berwarna biru ini dinamakan inti kundalini. Inti kundalini berada di bawah api kundalini dan naik secara berbarengan.
2.Membuka gulungan pada ketujuh chakra utama secara berurutan mulai dari bawah sesuai dengan perkembangan energi kundalini yang naik keatas pada nadi sushumna. Dengan terbukanya gulungan pada chakra-chakra tersebut secara bertahap chakra-chakra utama satu persatu mulai hidup dan aktif.
3.Inti kundalini akan terus naik menuju ke chakra mahkota dan sesampainya disana ia akan membuka gulungan yang terdapat pada chakra mahkota. Pada saat ini pancaran energi inti kundalini mulai kelihatan melebar ke arah kiri dan kanan nadi sushumna. Inti kundalini tetap dalam ukuran yang semula yaitu didalam nadi sushumna tetapi pancaran energinya sudah menjadi semakin kuat sehingga tampak energi ber warna biru memancar melebar ke arah kiri dan kanan nadi sushumna. Pada saat ini biasanya nadi Ida dan nadi Pingala belum benar-b enar aktif sehingga pelebaran energi berwarna biru akan tertahan di daerah belakang kepala diatas leher sehingga tampak hanya me lebar dari chakra Dasar sampai daerah ini. Nadi Ida dan nadi Pingala pada daerah ini biasanya masih mengalami penyumbatan.
4.Setelah nadi Ida dan nadi Pingala telah terbuka dan aktif, energi inti kundalini akan menyembur keluar chakra Mahkota dan membuka gulungan yang terdapat diatas chakra mahkota dan dapat mencapai ketinggian sampai beberapa meter diatas chakra mahkota tergantung kepada kekuatan pancaran energi inti kundalini dan tingkat spiritual seseorang. Gulungan ini jika dilihat tampak s eperti piringan energi berwarna biru di atas chakra mahkota. Pada saat ini chakra atau chakra-chakra diatas chakra mahkota tumbuh dengan sendirinya

CAKRA
Kata œ”Cakra” berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti œRoda atau œLingkaran (juga kata-kata yang terkait dengan kedua kata tersebut), dan kadang-kadang juga merujuk kepada œRoda Kehidupan. Menurut Kitab Tantra dan Kundalini Yoga di dalam lapisan tubuh terdapat 365 Cakra di dalam tubuh termaksud tujuh buah Cakra Utama dan tujuh Cakra diluar tubuh

Tujuh cakra utama tersebut adalah;
*. Cakra Sahasrara (Cakra Mahkota)
*. Cakra Ajna (Cakra Mata Ketiga)
*. Cakra Wisudha (Cakra Tenggorokan),
*. Cakra Anahata (Cakra Jantung),
*. Cakra Manipura (Cakra Pusar),
*. Cakra Svadhistana (Cakra sex)
*. Cakra Mulandhara (Cakra Dasar)

Cakra juga berarti perputaran energi atau pusat a bentuk Roda atau Cakram. Berputarnya roda energi menimbulkan pusaran energi, pusaran energi yang terbentuk akan dialirkan ke alat-alat organ dalam pada tubuh fisik kita melalui melalui nadi yang sangat halus. Selain itu tiap-tiap cakra berhubungan dengan kelenjar-kelenjar pada tubuh.

MEMBUKA JANTUNG
Sebagai suatu prosesi yang berfungsi untuk membersihkan trauma-trauma masa lalu. Sebagai akibat penanganan emosi-emosi yang kurang tepat di masa lalu. Walaupun sudah tidak dirasakan, namun emosi tersebut telah mengendap menjadi trauma yang tersimpan di alam bawah sadar manusia. Dan siap kapan saja untuk meledak bagai bom waktu. Adapun emosi tersebut diantaranya rasa takut, marah, jengkel, dendam, malu, kecewa, khawatir, kesedihan dll. Jika emosi-emosi ini tidak segera ditangani dengan tepat, maka akan siap kapan saja untuk meledak bagai bom waktu. Walaupun tanpa pembangkitan kundalini hal ini juga sering terjadi, karena akibat keinginan manusia dalam meraih suatu hal yang tidak kesampaian. seperti, kekayaan, tender, cinta dan harapan-harapan yang lain tanpa dilandasi dengan do’a kepada Allah sebagai pengharapan dan pernyataan diri sebagai makhluk yg terbatas dan banyak kesalahan melakukan perhitungan dalam perencanaan terhadap pencapaian keinginan-keinginannya. Sehingga jika terjadi kegagalan bisa menyebabkan mental seseorang jatuh ke dalam kesedihan, kemarahan, kejengkelan, ketakutan dll, yang mana bisa memicu seseorang dalam keadaan depresi, kekerasan, kegilaan dan bunuh diri.

MEDITASI MEMBANGKITKAN KUNDALINI
1. Lakukan sholat hajat 2 rokaat
2. Dzikir
- istigfar 33x
- sholawat syifa 11x
- al fatihah 1x
- al ikhlas 3x
- al falaq 3x
- an naas 3x
- ayat kursi 7x
3. Baca do’a
“ya allah dengan ridho dan kekuatan-Mu, saya mohon dibangkitkan kundalini saya dengan sempurna.
Mulai saat ini jalur nadi sushumna, ida serta pinggalaku terbuka dan menjadi bersih. Mulai saat ini 7 cakra utamaku terbuka dan menjadi bersih.”
4. Tarik napas dalam….tahan sebentar….keluarkan 3x
5. Rasakan ke-7 cakra dan nadi sushumna yang aktif beberapa saat
6. Bentuk bola energi dengan mendekatkan kedua telapak tangan baca “ya allah” sampai terasa bola energi (BE) padat.
- baca doa
“ya allah dg ridho dan kekuatan-Mu terbukalah dan menjadi bersih……(isi apa yang akan dibersihkan mis cakra mahkota dan nadi sushumnaku)”
- pegang BE dg tangan kanan dan masukan pada target yg akan dibersihkan.
- tunggu beberapa saat dan rasakan BE bekerja melakuan pembersihan.
- setelah dirasa cukup tarik BE dg niat, kemudian buang dan dorong masuk ke bumi.
7. Setelah nadi sushusumna dan ke-7 cakra utama di bersihkan dg BE. Sapulah energi kundalini dg tangan anda dari bawah ke atas beberapa kali. Sebelum memasuki meditasi kundalini
8. Meditasi kundalini
-telapak tangan menghadap keatas dan letakkan di lutut, lidah digulung ke atas menempel langit-langit atas mulut,
-Rasakan ke-7 cakra dan nadi sushumna yg aktif kemudian baca ya allah seikhlasnya.
9. Setelah merasa cukup….. lanjutkan dg teknik membuka jantung
10. Membuka jantung
- Tempelkan kedua telapak tangan (posisi sembah) dan tempatkan di dada
- hirup napas perlahan dan dalam 3x
- tersenyumlah untuk merasakan energi cinta yg memancar dari jantung beberapa saat, sambil membaca ya rohman ya rokhim seikhlasnya.
- setelah itu, sadari dan rasakan kenangan masa lalu, hal-hal yang telah membuat anda sedih, benci, cemas, malu, takut
marah dan dendam…. kemudian gantilah dengan energi senyuman, keramah-tamahan, kejujuran, keterbukaan keberanian, keceriaan,kesenangan, rasa hormat, cinta-kasih, saling pengertian dan memaafkan.
- kirimlah energi senyuman dan memaafkan ini kepada orang-orang yg pernah menyakiti anda atau kepada semua orang yang anda kenal dan orang-orang disekitar anda. Maafkan dia yang telah menyakiti anda, karena kelalaian, ketidaktahuan, ketidakmampuan mereka dalam memberi kebahagiaan, kesenangan dan cinta kasih dalam berhubungan antar sesama manusia.
11. Setelah dirasa cukup meditasi bisa diakhiri dengan mengibaskan tangan beberapa kali. Untuk membuang energi yang berlebih.

Sholawat thibbil qulub/sholawat syifa
“Allohumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dhawaa ihaa wa ‘aafiyatil abdhaani wa syifa ihaa wa nuuril abshoori wa dhliyaa ihaa wa ‘alaa aa-lihi wa shokhbihii wa shalim”

Catatan :
*.Selain melakukan meditasi pembangkitan kundalini, pelaku juga harus melakukan meditasi GROUNDING.
*. Teknik ini saya buat senyaman mungkin, insyallah masalah syndrome kundalini tidak akan terjadi, namun demikian saya berharap kepada saudara untuk konsultasi kepada saya maupun kepada sesepuh yang lainnya.

Sekedar apa yang saya pahami kundalini bangkit karena adanya pemusatan perhatian pada titik2 tertentu dalam tubuh.Bisa karena memusatkan pd titik cakra tertentu atau titik lathifah tertentu dalam tubuh.Benarkah? Bisa kita praktekan ungkapan saya tsb.Cobalah anda merasa mati disaat dzikir walaupun sebatas pemahaman tdk masalah.Rasakan seluruh tubuh anda sudah mati kcl jantung kiri anda yg hidup.Karena yg seolah hidup jantung kiri anda maka yg seolah ngucap dzikir adalah jantung kiri anda mengeluarkan suara ya menggema/menggaung.Misal anda dzikir alloh…rasakan menggema di jantung anda dan rasakan seolah seluruh organ tubuh lain dan kompenen diri anda pikiran perasaan dll telah mati.Lebih baik lg dg lidah ditekuk fungsinya untuk menyatukan meredian energi depan dan belakang tubuh.Bukan hanya pas dzikir alloh..Tp saat dzikir yg lain rasakan gema dijantung jg wl tanpa lidah ditekuk.Boleh saat wirid asma hizib mantra dll rasakan gemanya di jantung kiri.

TAPI MAAF TULISAN SAYA INI HANYA SEKEDAR PEMBUKTIAN TERLEPAS DARI NILAI MAKSUD DAN TUJUAN DZIKIR.ini hanya sekedar unt membuktikan saja. Maka jika tehnik td anda jalankan tdk kurang dr 2 minggu dg dzikir intensif maka seperti ada sensasi yg aneh di ubun2 dan tubuh lainya.Terasa ada energi yang memasuki ubun2 bukan hanya saat dzikir tp kapanpun dimanapun.Kalau
anda sudah merasakan apa yg saya sebutkan jangan berhenti disitu.Memang bg pemula yg belum merasakan sensasi energi senang sekali.Apalagi merasakan seolah ada energi besar yg masuk terus menerus tiada henti wow…senang sekali.Tapi ingat terlalu banyak tumpukan energi yang masuk membuat rasa tdk nyaman.Kesimpulan dr tehnik pertama td bila kita memusatkan perhatian(bukan konsentrasi) ke salah satu kompenen kita yg terjadi naiknya energi tulang ekor dan masuknya energi dr ubun2.

TEHNIK KE DUA:Setelah merasakan sensasi energi masuk lwt ubun2 kita bisa merubah tehnik yaitu menyemburkan energi keluar lewat ubun2 kapanpun dimanapum.Caranya saat kita komplementasi entah dzikir meditasi ataupun apapun namanya lupakanlah diri anda pusatkan perhatian sesuatu yg diluar tubuh dan lupakan
seluruh kompenen kita pikiran perasaan nyawa dll dan rubahlah anggapan bahwa diri sejati berada dalam tubuh.Arahkan perhatian anda keluar luasnya alam kosong luasnya jagad raya dll lakukanlah setiap saat anda melakukan komplementasi maka bila anda telah merasakan sensasi di TEHNIK PERTAMA tdk kurang dr 4 hr energi akan menyebur terus menerus dari ubun2 kapanpun dimanapun.TEHNIK KETIGA:Untuk menghilangkan sensasi energi kundalini.Secara tulisan agak mudah tp prakteknya agak susah karena memahami melenyapkan batasan RUANG dalam berkomplementasi.

Walaupun sekedar pemahaman secara teori namun bila anda praktekan tak masalah.Karena dalam kenyataan sehari2 saat kita berkomplementasi dzikir meditasi dan sholat pusat perhatian kita ke dalam atau keluar .Jarang dari kita yang membuang batasan ruang ini.Perhatian kedalam misalnya perhatianya ke perasaan diri sendiri ke
nafas atau ke pikiran atau ruh yg seolah dalam tubuh dll. Perhatian keluar memfokuskan suatu obyek tertentu didalam diri entah titik bentuk tulisan alloh atau perwujudan bayangan yg berkecamuk dlm pikiran dll.Tehnik ketiga ini berusaha melenyapkan batasan RUANG .Caranya saat kita melakukan komplementasi lenyapkan batasan ruang tidak ke dalam tdk keluar.Rasakan diri yg bebas tiada batas.Diri sejati bukanlah pikiran bukanlah perasaan bukanlah jantung bukanlah hati cobalah keluar dr pikiran perasaan hati dll.Keluar maksudnya tdk seolah2 diri kita keluar dari tubuh tp saat itu bebas diri dari belenggu pikiran perasaan dan bayangan apapun. Kita tetap sadar penuh tp diri ini lepas dr pengaruh pikiran dan perasaan.Minimal kita bisa menghilangkan batasan ruang ini walaupun sebatas pemahaman kl dipraktekan maka sensasi kundalini akan tidak terasa lg.Walupun tdk terasa bukan berarti kundalini anda tak aktif lg. Jng kwatir masih aktif cuma sensasinya tidak terasa.

PEMBANGKITAN KUNDALINI DZAT BINTANG SAMPAI CHAKRA MAHKOTA GELOMBANG KE 2

atok bujang = zainul.mirza@gmail.com

kundalini dalam keadaan tertidur bentuk nya seperti biji dzarah bertempat pada parineum suatu tempat di antara ujung tulang ekor dan alat kemaluan. setelah kundalini bangkit maka kekuatan nya melakukan pembersihan pada diri manusia setiap saat. tahapan pembangkitan kundalini setelah bangkit maka kan ada pembersihan dari ujung kaki hingga hati. pembersihan hati secara total lalu bergerak naik hingga inti chakra mahkota. menurut Songtsan Gampo (raja tubo kerajaan TIBET)
proses kebangkitan dan pembersihan nya bisa memakan waktu puluhan tahun .karena ketika kundalini bangkit tiap gulungan maka akan dilepas kan sejumlah kekuatan tuhan yg dahsyat.sedangkan proses tiap gulungan tergantung olah bathin seseorang .proses berikut nya setelah semua gulungan kundalini terbuka, api kundalini baru melakukan pembersihan ke seluruh chakra.
warna api kundalini tahap awal berwarna merah melakukan pembersihan chakra dasar dari ujung kaki hingga tulang ekor, kemudian chakra seks,chakra pusar, chakra solar pleksus,chakra jantung,chakra tenggorokan, chakra ajna,dan terahir pada inti chakra mahkota prose nya begini insyaallah….
api kundalini berwarna merah setelah melalui chakra mahkota maka api kundalini bergerak ke chakra dasar berubah menjadi kuning ke merahan dan warna api tadi akan menjalar ke chakra seks chakra pusar hingga chakra mahkota , setelah api kundalini berwarna biru dan berjalan menuju chakra mahkota, api kundalini berubah menjadi bening, dan setelah itu api kundalini akan masuk pada tahap kosong pertama lalu proses itu kan berulang selama 25 kali maka inti kundalini baru berpindah dari parineum menuju chakra dasar.

masyallah .. bayangkan 1 chakra saja berproses selama itu tentunya akan menghabiskan usia , sedangkan ada 7 chakra utama dan 365 chakra kecil dalam tubuh yang harus di selaraskan . satu tahun saja 365 hari maka setiap hari selama satu tahun penuh kita bermeditasi masyaallah.
baru 1 chakra saja berproses.sedangkan 7 chakra besar masih ada chakra besar ke 8 sampai ke 70 000 yang akan terkait dengan selaras kepada manusia tadi. allahuma yaa karim… pada proses pembersihan kundalini terkadang manusia di datangi jin (makhluk astral) menawarkan diri menjadi khodam apabila ini terjadi maka akan terjadi penyusupan pada jalur sushuma (jalur energi pada tlng belakang) dan penyimpangan ini kan membuat manusia tadi mengalami sobek nya jalur sushuma antara chakra dasar ke arah mahkota dan membuat manusia tadi memiliki kekuatan sihir (.. audzubilahimin dzalika!!!!!)  karena itu apabila kundalini bangkit sebaik nya harus memiliki pembimbing atau penasehat,bagi para penempuh jalan yang berilmu tampa memiliki guru maka syaitanlah yang akan menjadi guru nya. semoga Allah SWT memberikan balasan yang utama kepada para guru ,ke dua orang tua & dan para pemimpin yang adil dari penglihatan manusia bodoh ini ada karakteristik tersendiri pada 7 chakra .

1.chakra mahkota memiliki 1000 kelopak yang merupakan tempat bertemu nya 1000 nadi energy yang mempunyai peranan pada kelenjar pineal dan otak juga berhubungan langsung ke semua chakra tubuh.

2.chakra ajna(mata ke 3) ada 2 kelopak berperan pada kelenjar endokrin ,mengatur 7 chakra utama juga berfungsi sebagai media kesadaran astral,
3.chakra tenggorokan dengan 16 kelopak berperan pada kelenjar tiroid dan kelenjar getah bening (anasir angkasa/cahaya)
4.chakra jantung(hati) berkelopak 12 berperab pada kelenjar thymus,sistem peredaran darah, fungsi faal ,jantung,
paru-paru dan pusat kasih sayang.(anasir udara)
5.chakra pusar dengan 10 kelopak berperan pada pusat pencernaan dan pusat perasaan (anasir api)
6.chakra seks dengan 6 kelopak berperan mempengaruhi orghan vitalitas dan pusat energy kreatif tingkat rendah & fisik(anasir air)
7.chakra dasar dengan 4 kelopak bersemayam pada tulang ekor berperan memberikan energy ke seluruh tubuh, mempengaruhi ketahanan hidup dan mendukung energy keseluruh tubuh (anasir tanah) bagi manusia Allah SWT melengkapi inti kundalini maka untuk bangsa jin allah SWT melengkapi nya dg inti Durgandini…. insyaallah.

ingatlah Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan. (Al-Jin: 6).
maka apabila ada hubungan kita dengan maka mereka akan mengunakan kekuatan kundalini anda untuk kesempurnaan peradaban mereka .
akan tetapi ingatlah Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (Adz-dzariyat: 56).

berkesan nasehat guru kitab almukarom KH Elang soelaiman suryakusuma bahwa manusia zaman ini berhasrat mengikuti nabi sulaiman dengan balatentara jin & manusia nya, tetapi mereka lupa nabiulah Sulaiman Ibn daud as diberikan karunia karena istiqomah nabi saw kepada Allah SWT.
Karena pancaran NUR MUHAMMAD dalam diri nya maka semua mahkluk tundauk patuh & taat.
**Sulaiman berkata: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pemberi”. (Shad (38): 35).
sedang manusia zaman ini mengejar maunah & karomah tetapi belum ajeg istiqomah kepada Allah SWT . maka bershaff -shaff bangsa jin menawarkan diri sebgai khodam untuk menunaikan keinginan manusia…. subhanallah.
semoga kita di bimbing untuk istiqomah.

About these ads

One thought on “yoga dan kundalini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s