148 comments on “ilmu gaib suku dayak

    • MAAF,AKU PERNAH DIBERI NENEK DI KALTENG KHUSUSNYA DAERAH SANGAI MANDAU TAMPILAN LENGKAP DENGAN PENYANG,SERTA MINYAK GERAK,MINYAK LEPAS DAN MINYAK SANGGA PAMULANG YANG KONON ADA 3 PENGAWAL PANGLIMA PERANG,AKU HIDUP AGAK BERAT PENUH DENGAN COBAAN SELALU MAU KELAHI BARU AKU SADAR KALAU HIDUP HARUS BERARTI DAN BERMANFAAT DENGAN ORANG LAIN MAKA KU IKLASKAN BARANG KESAYANGANKU KEPADA ORANG LAIN.TANKS HADI PIMPING

      • minta no kamu donk aku mau minta thu baca2 bt blz rsa skit hati aku ma tmnd aku yang slalu sakit,in aku nuii noq 082155257155

      • saran saya biarkan saja, nanti juga akan kelihatan sendiri hasil perbuatannya, asal jangan kita punya niat untuk menyakitinya atau menyakiti orang lain

  1. kebetulan dlm waktu dekat sy akn ke kalimantan, punya referensi org yg bisa sy temuin nanti disana gak?? dan di desa atau suku dayak apa agar sy bisa ketemu dgn seorang dukun yg handal, yg bisa membantu mengatasi masalah sy, mohn petunjuk nya….
    apa benar santet dayak kalimantan bisa menembus lautan atau nyebrang lautan, krn konon katanya kalo sebuah santet gak akan berpengaruh jika yg di tuju berada di sebrang laut???

  2. maaf, aku keturunan banjar.. buyutku orang banjar asli hijrah ke jawa krn mngemban tugas waktu gerilya dulu,kini mereka telah tiada dan berpesan u/ menyempatkan diri mencari sanak saudara yg msh ada di sana u/ mempererat persaudaraan mskipun jarak jauh.. saya juga sgt terkesan dgn ilmu2 mistik yg dimiliki oleh orang dayak.. apakah di daerah buyutku sana ada orang dayak seperti yg diceritakan di atas??? di daerah manakah..?? sungguh luar biasa kekayaan budaya yg mereka miliki. trims

  3. saya sangat membaca tulisan anda, saya sdh lama tinggal di Tanah grogot Kab paser dari tahun 1986 sd skarang dan baru mengerti budaya orang dayak dari tulisan anda terima kasih karena telah mau berbagi kepada sesama.

  4. ibuku dari penajam asli orang(paser)/bapakku asli keturunan banjar…jadi aq keturunan yg mana??
    aq bisa gunakan ilmu parang maya…..krna itu ilmu keturunan datu ku

  5. Assalamualaykum, saya seorang wanita usia 25 tahun, sakit katanya terkena ilmu pasir, hampir setahun kurang 2 bulan blm sembuh total.. sembuh kambuh sembuh kambuh.. koreng warnanya ungu,, berairan,seperti buah jambu di gigitin ulat, ditangan kaki paha telinga, bahkan di maaf di kemaluan, sdh berobat kemana mana 10 orang pintar dan 4 dokter, bahkan ke dokter hasil darah bagus… sekarang saya banyak berdoa saja.. Apakah ada info untuk kasus saya ?
    Semoga bermanfaat…
    Wassalamualaykum

  6. Ass.wr.wb.
    Mas yang terhormat, boleh saya alamat email nya.
    karena saya membutuhkan sedikit informasi dari mas.
    Terima kasih banyak.

  7. Saya richo asli jawa tp besar d kalimantan. . ,,saya mw tanya apakah ada ilmu untk buwat wanita yg telah myakiti saya bertekuk lutut kepada saya. .mhon sms ke no.085292566137. .termakash sebelumnya

  8. tenk’s semuanya. kita lebih sering. kita bermacam2 menemukan masalah hidup. ada yang pantas, ada ga pantas. kerena ini jalan hidup kita. aku orang yang suka mempelajari dengan metos, ritual. dengan belajar asal mula dari petualangan hidup. dengan suka merantau2. dengan misi acara. banyak hal yang ga mungkin di temukan. akhirnya aku menjadi orang yang tersakiti. ya akhirnya aku mempelajari ilmu kebatinan. ingin mendalami ilmu terus. by namaku effrein riasnoor. tinggal di barabai kalsel. umur ku 28 thn. akun fb ku effreinriasnoor@ymail.com. sama juga email gue. cp ku 081349699256. mungkin dari ini aku bisa menemukan arti saudara untuk penghibur hati ku. atu jua aku bisa membantu. dari hal2……..

  9. maaf…
    sya seorng anak remaja.
    sya tnggal di kalbar.
    sya tidak Mmpunyai ap”.
    tpi jika tmen” ad Yg skIt prah atau Yg aneh”.
    dtang sja Di Pontianak tpat ny di JerujU.
    di sna ad seorng Yg hbat.
    KetrunAn RAtu..
    dia orng HBAt,,,
    jIka Ad yg mNat Dtang Aj..
    KlO gx Tau edd aQ aj Yha
    budifirman46@Yahoo.com

    • Hi maaf sy baru saja membaca pesan anda,saya sagat tertarik sekali degan info yg anda berikan,nama say sella skrg ini sy tinggal di jkrta.
      Sy sdh lm sekali igin mencari org pintar yg sagat hebat seprti yg anda bilang apa lg dindaerah kalimantan,krn banyak org” megatakan hal spt itu
      Tolong dong dikasi tau alamat yg tepat krn sy blm prnh ksna,jd sy igin sekali kesana..terimakasih banyak ya,,,,

  10. saya rangga, bpk sy paser hadang ibu sy jawa,bapak sy mempunyai macam”peninggalan pusaka dari kaik kaikx bapak,mulanya sy nggak yakin dengan cerita ibu saya tentang hal magis yg pernah terjadi selama ini,tapi itu terjadi beneran (sumpah bro)ada pusaka bapak yg diberikan k orang karena sekeluarga sakit”an, pusaka itu berbentuk meriam,kata ibu ada malam tertentu meriam itu mengeluarkan aroma z setelah dikasihkan k paman bapak, alhamdulillah ya, kami sekeluarga baik”,tapi masih banyak pusaka yg bapak simpan karena diturunkanx hanya bisa k bapak,semoga gak kena diturunkan k aku sumpeh aku takut bro,ada yg bermasalah dengan cewek boleh to hub aku

  11. boleh tahu apa yang harus saya lakukan agar suami yang sudah punya WIL lain kembali oleh saya.Tapi suami saya oarang tasik dan keluarga dia juga termasuk orang2 yang ada sedikit ilmu gaib nya.apa bisa saya taklukan lagi suami saya itu?
    boleh saya minta nomor hp agar saya bisa konsultasi.
    Terima kasih

  12. Saya endo ulun asli paser telake baik ket imbang bapa maupun ket imbang ema ku. Saya sangat Salut mengenai tulisan ko yo mengesahkan tentang keagungan ulun taka paser, yo mone pada dasar yo berdasarkan sejarah taka ulun paser bukan bagian ket suku ulun Dayak, akan tetapi sejarah dan silsilah keturunan taka ulun suku Paser secara garis BESAR adalah Suku DAYAK PASER ( suku dayak yo paling tuo ). saya terus terang…mengenai ulun taka suku dayak paser deo yo belo kakan berbahasa suku sendiri terhadap ulun taka sesama dayak paser (berdasar yang saya temukan) dan bagi saya secara mutlak mengangap bahasa taka dayak paser adalah bahasa Adat taka yo belo kate dipungkiri, karna asal ket l;eluhur/keturunan taka yo seharus yo dilestarikan karna bagian ket Adat dan Budaya . Taka dayak paser sangat menjunjung Adat dan istiadat leluhur taka yo harus di tanamkan po anak upu sebagai keturunan ket taka…Harapan saya nang sampe anak upu taka nindo buta sejarah dan belo memahami istilah adat sendiri, justru dero untuk yo akan datang adalah penerus ket sejarah leluhur dan keturunan taka Dayak Paser….inti taka ulun Dayak Paser adalah Ulun yo mentaati Adat, menjunjung Adat, dan memperkuat Adat agar Adat selalu berjalan dengan harmonis baik terhadap ulun” taka sendiri maupun terhadap Suku lain yo berdampingan meto bolum mo daerah taka selama dero pun menhormati dan menghargai Adat taka….maka dero pun sangat wajib dilindungin secara Adat ket taka…..tetapi apa bila Adat taka belo di hargai sepeti Hak Adat Atau Hak Hulayat taka dirampas tanpa persetujuan murni ket taka masyarakat Adat,,,apa boleh buat taka Dayak Paser harus mempertahan kan yo mone menjadi Hak Adat Keturunan taka…..Salam Erat taka Berebutung sesama Dayak Paser.

  13. Salam Kenal Mas atau saya harus panggil apa saya bingung. hehe
    Saya sangat tertarik dengan Kebudayaan Indonesia yang sangat beragam, Saya berasal dari Jakarta, Saya baru lulus kuliah tahun ini dan pertengahan tahun depan 2012, saya memiliki niat untuk mengunjungi Pulau Kalimantan, untuk mempelajari Budaya dan Adat dari suku Dayak, boleh saya mencari informasi lewat mas.? (saya bingung harus panggil apa) Terima kasih mas.
    Salam kenal

  14. hallo mas salam kenal…
    mas aku mau tanya apakah ada keluarga/sesepuh anda yang dapat menyembuhkan orang yg terkena santet? karna sudah 1th istri saya tidak dapat melihat, saya bwa istri sya brobat sudah kemana2 dan sudah habis2an tetapi tidak juga ada sedikitpun hasil baik. menurut orang yg mengerti katany istri sya kna santer di kepalanya terdapat 4/5 buah jarum tetapi sulit utk d keluarkanny lantaran sudah terlalu lama. sya mohon bantuanny dari mas informasiny karena sya ada rencana mau ke kalimantan utk cari orang yg dapat mnyembuhkan istri sya tetapi saya tidak tau sama sekali harus kemana di kalimantan nanti.
    terima kasih sebelumny.

    salam
    edwin

  15. hallo mas..salam kenal..
    mas mohon info / bantuanny..saya ada rencana mau ke kalimantan utk cari orang suku dayak yg dpt menyembuhkan penyakit / santen tetapi sya tidak tau hrs kmn disana nanti?. krna sya pnya istri sdh 1th tdk dpt melihat..menurut media itu kanker otak tetapi menurut orang yg mengerti istri sya kna santet dan ada 4/5 buah jarum di otak istri saya sulit utk d keluarkan krna sudah terlalu lama, karna tdk dpt melihatny mendadak tdk seperti orang sakit medis. mohon bantuanny mas apakah ada recomendasi d kalimantan khususny orang dayak dgn permasalahan yg sya critakan di atas.
    terima kasih sebelumnya.

    salam..
    edwin

  16. Waduh,bahasa paser dayak ada persamaan dengan Murut Tahol kawasan Pensiangan. Kalau ada kesempatan,saya pingin mengenali suku Paser Dayak di Kalimantan…Mungkin juga salasilahnya kita ini serumpun. Salam Serumpun Murut Tahol.

  17. Akai pana ulun Murut asiha ra adat, adat ikaa lirain..adat taka suang ulun angibit ra pansiluluman. (Maaf kongsi Bahasa Murut Tahol)
    Bahasa Melayunya begini:
    Kami pun orang Murut suka pada adat,adat jangan dilupakan/dipinggirin… adat kita semua orang membawa kepada ikatan persaudaraan…

    Jika ada yang bisa kongsi lagi silakan post supaya kita bisa bicara panjang… Tq 4 everything

  18. Saya butuh Bantuan ilmu Dayak utk mengatasi keluarga orang tua sy yg berantakan.Ayah saya diguna2/disantet saudara2nya diSulawesiTengah,Ayah sy SELALU TUNDUK/Terbayang2dg sodara2nya diSulawesi,Pikirannya SELALU TERTUJU/TERFOKUS ke sodara2nya diSulawesi Tengah(Bunta-Luwuk),sampai2 ibu sy Sgt Menderita/Tdk prnh diPerhatikan,begitupun sy & sampai2 kami MENUMPUK HUTANG yg Besar demi Sodara2Ayah sy tsb. Adakah Mungkin Teman2yg Menguasai ilmu Dayak bisa MENOLONG Sy??agr iLmu2 ikatan dr Sulawesi itu Dapat Lepas dr Ayah sy/kembali Normal+wajar. TOLONG Kontak sy di http://www.twitter.com/XtjoX atau di facebook@TjoSniper atau fb@SriEdyArninda

  19. budaya bangsa indonesia sangat beraneka ragam dan sungguh hebat kekuatannya asalkan kita mau mempelajarinya, agama berbeda jgnlah dijadikan permasalahan karena itu keyakinan masing masing individu.

    berbanggalah karena kita telah diwariskan budaya yg sgt adi luhung. mari kita selalu lestarikan dan hormati budaya yg telah kita miliki, janganlah berprilaku kebarat2an, ke arab2an. ke india2an secara berlebihan karena budaya bangsa ini jauh lebih bagus dari budaya luar

  20. Salam sempekat kabat samaa’n saudara,,,,
    salam kenal semua,,
    saya asli keturunan DAYAK BENUAQ dari daerah kalimantan timur
    tepat nx di daerah sendawar (melak) saya berada pada saat ini.
    Jujur dulunx saya datang dari org yg tidak benar (preman)
    segala ilmu saya coba untuk membuat diri saya tahan dari segala benda,
    baik benda tumpul maupun benda tajam. tapi keberanian serta ketakutan selalu menyelimuti tiap* hari saya,
    akhirnx saya melepaskan semua nx (membuang) semua yang saya punya,,
    dan sampai sekarang saya merasa hidup yg lebih baik.
    hanya sekarang yang saya pegang adalah ILMU PENGASIH yg menjadi andalan dari keluarga besar saya sebagai MANTIQ atau pengurus
    (Y) salam damai selalu :D buat sdr angga,,saya salut dengan tulisan anda mengenai budaya DAYAK yg ada di seluruh kalimantan, sedikit ada gambaran buat teman2 yg membacanx agar bisa menambah wawasan tentang ORANG DAYAK.

    ruhannuaq@yahoo.co.id —-> add FB saya ya :D kita saling komunikasi dan bertukar informasi.
    wasalammmm,,,,

  21. Mohon bantuannya untuk mencari informasi keberadaan tetua dayak sakti di pedalaman kalimantan, yang dapat membantu mencari orang tua saya yang telah tidak bertemu selama 50 tahunan..

  22. Saya kepengen menuntut ilmu dgn suku dayak,posisi saat ini emang saya lg mempunyai masalah yg cukup hampir tdk kuat menjalani nya,saya mau minta tolong dimana alamat yg bisa saya tujuh utk mendapatkan seorang guru?

  23. Mas tolong buatkan tulisan tentang Panglima Kumbang dan Panglima Burung dari Kalimantan dong! terima kasih yach.

  24. hay, aq nta alamat nya orang dayak paser yang bisa ngobatin sakit guna-guna ibu ku…udh sekitar 4 bulan ini penyakit nya aneh,seluruh tubuh kulit ibu qw seperti orang terbakar hitam hangus, tapi setelah di diagnosa dokter spesialis kulit ngga ada tanda penyakit apa-apa.dan bau nya busuk seperti orang buruk rupa.
    mohon bantuan nya donk..

    • saya orang dayak paser asli dan di tulisan itu banyak yang nggak bener jadi jangan tergoda.
      ilmu atau pusakanya dayak bukan untuk di jual belikan
      tapi untuk mencari persaudaraan

      • Ya benar gitu..ilmu bukan utk dijual atau dibeli..ilmu itu dituntut dan eratkan hubungan sesama…..Mas Putra Liar ni di mana tempatnya? Saya pingin mencari pengalaman di tempat anda…mana tau saya bisa belajar sesuatu ..

  25. maaf bg sebelum nya,,,
    saya juga tertarik dengan ilmu gaib,saya mau belajar ilmu gaib dayak,tpi saya kesulitan untuk mencari guru,mohon bantuan nya bg,
    saya dari kota padang,skarang saya merantau di pontianak.saya tingal di sungai raya, jln,adi sucipto,di asrama sudirman
    no hp 087818042226
    terimakasih,,,

  26. Wah, artikelnya jempol banget gan. Bagus :)
    Gan, boleh tanya? Bagaimana cara menyembuhkan orang yang terkena ilmu hitam orang dayak? Kalo menurut artikel agan mungkin gejalanya menunjukkan efek dari Cuca’ bangkai atau Cuaca’ mayat.
    Makasih :)

  27. Ping-balik: The Dayak Tribe Unseen « Borneo Adventures Lodge

  28. Aku ulun Dayak Ma’anyan hingka Kalteng khususni hang alur hunge barito, aku suah moneng hang banua Paser bahkan hingka yari amun aku mudi ma tumpuk hang kalteng selalu pada mitah daerah paser modang……amun aku rengei bahasa paser naan kemiripan andri bahasa matuehku ulun dayak Luangan/lawangan……tapi naan kaherananku naan leh ulun paser sah puang kakan nasebut ulun dayak padahal amun narengei hingka bahasani kajut jelas bahasa dayakni, ka’awe amun kairu ub ?………(artinya ; saya orang dayak Ma’anyan dari daerah alur sungai barito Kalteng, saya pernah tinggal di daerah paser bahkan sampai kini kalo pulang kampung saya selalu melewati daerah orang paser modang, kalo saya perhatikan bahasa paser sengat mirip dengan bahasa mertua saya orang Dayak Luangan di Kalteng…..tapi ada keheranann saya ada orang paser yang ngak mau disebut dayak padahal dari bahasanya jelas2 bahasa dayak gimana pendapatmu kalo begitu wal ?

    • wal…sebenarnya penduduk asli kalimantan adalah dayak semua, seperti dikaltim ada kutai..dulunya alsinya adalah dayak juga sejak masuknya orang2 luar/arab/india yg membawa ajarin islam maka mereka ikut membaur sehingga terjaidlah suku kutai semntara dayak-dayak lain masuk kedalam hutan tetap berpgang ajaran animisme atau kahirangan…saya kutai banjar tapi aslinya keturunan dayak tunjung..salam kenal semua..kh4idir@yahoo.com

    • ZAo Shag Hao? molo ma au sian tiong.hoa dohot mamak sian boru batak… walau au halak asing, hap sonang nian molo diau marsiajar basa dayak manang na asing… ni on no hp ku 0857-4741-5486

  29. tulisan ini, membuat saya berimajinasi, ,dan ingin melihat 100thun ato 1000 tahun, ,yang dulu,
    seperti apakah indonesia pada zaman itu?

    • Selamat sore tanah airku, Indonesia tercinta. Saya setuju sekali jika kita dapat menampilkan perjalanan bangsa Indonesia ini sejak jaman dahulu sampai sekarang, agar kita semua dapat membandingkannya, mana yang terbaik kelak di kemudian hari. Oleh sebab itu, betapa pentingnya sejarah perjalanan bangsa ini, yang dkemas dengan audio visual yang menarik, indah seindah aslinya. Kita memang perlu menghargai bangsa lain , tetapi tidak boleh silau oleh mereka, karena kita dicipakan oleh Tuhan YME., dengan karakter yang khas. Merdeka Indonesia, negara di garis Khattulistiwa. Terimakasih.

  30. saya rudolf pesiwarissa……..
    saya bukan orang kalimantan, saya asli dumai,
    maaf saya hanya ingin menanyakan pendapat dan jalan keluar mohon bantuan nya….
    beberapa minggu ini saya sedang dekat dengan cwe, cwe itu sebelum nya dekat dengan seorang pemuda yang suka dengan hal2 gaib dari daerah tanah merah di pasir……
    saya tidak tau saya salah apa, tapi beberapa hari lalu dia mengambil celana dalam milik sang cwe dan juga baju kerja milik saya…..
    dia bilang “kalo saya tidak bisa nikah dengan kamu, maka saya akan sakitin hidup kamu dan salon kamu akan saya buat seperti usaha yang mati, ingat celana dalam kamu ada pada saya”
    itu kata2 yang dituturkan nya kepada saya dan juga sang cwe yang pernah ia sakiti, saya tidak lah salah dan cwe juga pernah di sakiti nya ( di pukul, di maki seperti binatang bahkan anak sang cwe pernah di jambak dan di pukulin wajah nya) ga usah jauh anak kandung nya sendiri bahkan di jadikan nya tumbal pesugihan nya sendiri…..
    saya hanya ingin minta tolong pada bapak2 dan ibu2 yang ngerti dengan ilmu gaib dari pasir,, yang saya ingin tau hanya cara menangkal ilmu2 tersebut….
    saya mohon bantuan nya jika ada yang membaca post saya.
    jufgas_123@yahoo.co.id
    itu alamat e-mail saya, mohon tanggapan nya karna saya juga was-was dengan perilaku pria tersebut karna ini menyangkut nyawa manusia…. sekali lagi mohon bantuan nya…….
    saya ucapkan banyak2 terima kasih bagi yang membaca dan menanggapi post saya trims

  31. hello bg anggas saya fatmah saya sanget butuh tolong aku tingal di luar negeri ibu saya org indo, dan aku lagi cari org yg bisa ilmu ghaib tolong bg anggas bantu saya sedikit aj
    ini Emailku: Fatmahalnasseri@yahoo.com
    tolong mas angas bantu saya ak sanget butuh bertolongan dari org yg bisa ilmu ghaib makasih yah bg anggas :)

  32. Wah2..!! Baru lihat nih tulisan ini..!! Terus terang tulisan ini mengutip Plek Tulisan saya tahun 2008 di Kaskus yang membahas Ilmu ghaib suku dayak..

  33. Sy klarifikasi sebenarnya tulisan di atas yang mengutip komentar saya di kaskus pada thread ‘[ASK] Tentang Dayak dan “ilmu” nya’, pd thn 2008, yg menceritakan ttg suku Paser adalah di hanya seperti yg bawah ini, sdgkan bukan tulisan saya, melainkan dari komentator lain di Thread tsb ttg Dayak.. :

    Suku paser

    Paser (org2 biasa menyebut Pasir) merupakan salah satu suku asli Kalimantan selain Kutai, Dayak, Tidung, Banjar dan Melayu.
    Kemungkinan masih satu rumpun dengan Dayak karena dari segi bahasa,dan adat istiadat masih ada kesamaan.
    Suku Paser banyak di temui di daerah Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).
    Suku Paser sendiri terdiri lagi sub2 suku, seperti Paser Pematang di daerah Sadurangas / Benuo, Seratai ; Paser Telake di daerah Olong Telake, Longkali, Pinang Jatus, Olong Gelang, Pias, dll ; Paser Hadang di daerah Hadang ; Paser Modang di daerah Modang ; Paser Migi ; Paser Mayang ; Paser Balik yang merupakan penduduk asli Balikpapan, dll saya lupa.
    Saya sendiri merupakan Paser Telake & Pematang dari pihak Bapak dan Paser Pematang / Benuo dari pihak Ibu.
    Kebudayaan Paser sendiri bercampur dengan kebudayaan kesultanan, karena dulunya ada Kesultanan Paser yang berpusat di Sadurangas/Benuo/ Belengkong di daerah Sungai Kandilo.
    Menurut Sempuri (cerita rakyat Paser), Islam masuk ke Paser sekitar thn 100 an Hijriah dibawa oleh Tuan Guru dari Yaman.
    Menurut Sempuri, sejarah tua Paser bersal dari kehidupan purba di sungai Telake, dengan tokoh2 nya Datu’, Nalau dan Ayus. Nah dari orang2 ini konon menurunkan suku2 Paser, Kutai, Dayak.
    Juga menurt Sempuri, Kerajaan Tua Paser dengan Rajanya Tuo Ono’ terdapat di daerah sungai Telake.
    Setelah Islam masuk berdiri Kesultanan Paser dengan raja nya yg pertama seorang perempuan yang di sebut Putri Botung / Petung, yang semula berpusat di Lempesu, lalu pindah ke Benuo.

    Klo dari suku Paser, adat2 yang mirip dengan dayak seperti :
    – Belian: ritual utk peyembuhan massal yang dilakukan oleh seorang atau sepasang Mulung (org yg melakukan Belian)
    – Besipung: semacam opera atau sandiwara ghaib, yg di adakan di dalam Lou Olai (Rumah besar) yang gelap, dimana seorang tetua adat memanggil roh2 org2 dulu yang merupakan pelaku sejarah sehingga terjadilah sandiwara yang dpt di dengar oleh org2 yg hadir.

    Lemu (ilmu ghaib) yg srg saya dgr di suku Paser:
    – Parang Maya: menggunakan tangan seperti parang / mendau.
    – Pedang pekir: menggunakan jari telunjuk seperti pedang.
    – Pedang kendali : melempaskan/ melemparkan senjata, setelah sasaran tertumpas semua, maka senjata akan kembali ke pemilik nya,. lemu ini yang dulu di guanakan Panglima Sentik ketika menumpas seluruh gerombolan Bajak Laut di sekitar perairan Balikpapan.
    – Cuca’ peruntus: menghancurkan organ2 dalam tubuh.
    – Cuca’ mayat: membuat org menjadi hidup seperti mayat.
    – Cuca’ bangkai : menbuat org mebusuk.
    – Lemu Selisih, Kuyar Mais, Lowong Botuk, Polong, dll saya byk yg lupa.

    ini salah satu pelet versi paser :
    Loking torik olo buo
    Malan alas damu royan
    Bolum berik mono kito
    Lupo mangun delap beam

      • salam..semua mengenai masalah ilmu dayak..intinya penyatuan hati, jiwa dan alam utk meresapi kekuatan alam bumi kalimantan dan roh2 leluhur sakti para penjaga pusaka borneo yang dinamakan bhs iban puyang gana,bhs dyk kanayant kamang,bhs dyk jangkang dan mrk ini dikeramatkan sluruh lpisan dyk,dan mrk hnya 7 org yg berdiam di bukit2,hulu sungai, gua2,lembah,pohon,batu intinya mrk menguasai alam dan semua keramat dibwh komando mrk, apbila mrk di panggil dlm wkt perang, mka hnya 1 perintah ” BUNUH, PENGGAL” krn mendapatkan kepala musuh itu suatu kehormatan tertinggi dlm stts org dyk, dan klw dyk sdh ngamuk cbt mandau,pantang disarungkan jika tdk mkn drh,krn akn mjadi petaka bg dirinya dan klgnya apbila mndau tsb tdk mandi drh, dan itu sdh mengakar,terdoktrin ke anak cucu dyk…dyk tdk bisa terklahkan krn mrk dilindungi leluhurnya dan krmat bumi yg mrk pijak,walaupun mrk kemanapun, dyk jrg merantau krn sdh ckp kkayaan alam bgi hdp mrk,dan tdk ada sjrah dyk mati klaparan di tnh sendiri..krn kekerabatannya msh kuat,dan peduli dg sesama..justru org luar yg byk cr mkn di tnh dyk..krn di tempat mrk,mrk klaparan saking pintarnya..ibarat pepatah dyk ” tdk ada ayam mati di lumbung padi”.
        untuk itu saya sebgai ” PANGLIMA MUDA BALA SERIBU” pasukan khusus dyk kalimantan barat meminta kpd para pndatang yg buat masalah dgn dyk,mrk polos dan bisa di akali,tapi jk mrk tau diakali maka tewas lah anda…DAYAK orgnya komit dg janji,krn janji adalah sertifikat omgan org..
        siapa yg berniat shering masalh dayak krm email
        sabangapi@gmail.com………………..
        mau tau nama panglima-panglima dayak :
        1. PANGLIMA BURUNG MANSAU (suku iban)ketua
        2. PANGLIMA NAGA (suku mentuka sekadau)
        3. PANGLIMA NAYAO (suku iban)
        4. PANGLIMA LANGGAN JANTAN (suku majang desa meliau)
        5. PANGLIMA GUNTUR (suku jangkang sanggau)
        6. PANGLIMA KILAT (suku belangint)
        7. PANGLIMA DAGANG (suku iban)
        8. PANGLIMA LIBAU MACAN (suku iban jagoi)
        9. PANGLIMA RAMI (samalantan)
        10. PANGLIMA NYANGKUT (manyuke)
        11. PANGLIMA GALIONG (manyuke)
        12. PANGLIMA SEKUANG BALIK (suku mualang)
        13. PANGLIMA IJAU GAGAH (mualang)
        14. PANGLIMA API (punan meratus) perempuan
        15. PANGLIMA BAJU BERANTAI (suku mali) perempuan
        16. PANGLIMA RINTAM (ketapang)
        17. PANGLIMA DANDAN (suku iban)
        18. PANGLIMA ANGIN (suku iban) perempuan
        19. dll
        walaupun beberapa ada yg sudah meninggal namun mrk bisa di mintakan bantuan utk perang,krn sbenarnya mrk itu moksa..kmbali ke gunung2, pdalaman,ulu sungai mnjaga keturunannya.
        sesuai dengan nama-nama mrk dijuluki org krn org sdh beberapa kali melihat ksaktian mrk, seperti mandau terbang,hinggap di daun lalang,bisa mmbakar msh dgn pandangan mata dan sentuhan, bs terbang,menghilang, dan hnya dgn 1 x tiupan msh bs klabakan,bs ilang
        kkuatannya,bahkan drhnya ilang kyk distrum listrik waktu di
        pancung krn sdh di mkn laskar sakti gaib dyk /kamang/pangau..
        mgkin ini yg bisa saya sekilas info mengenai dyk…yg diblg org primitif,kolot, tapi byk org incar tnh dyk..jd siapa yg BODOH,SOK PINTAR..tapi klaparan di pulau sendiri…maaf beribu maaf sebagai refleksi..bahwa dyk..itu ada…baik dgn menyediakan lahan bgi pendatang utk cr mkn….

  34. Aku setuju diang tulisan cerita ena . Ak mau bagi ilmu anti pelet. Ini bacaan.a anak using belo bulu anak biwang terunggok utok se yo ngesa aku mate pulu kono sempirang mulu mo utok.3kali cra.a baca pas magrib d dpan pntu rmah dan angkat kdua tangan pegang kiri kanan bingkai pntu rmah.

  35. Ingatlah segal ilmu apapun namanya seperti apapun hebatnya takkan terjadi tanpa izin Allah.
    Janganlah kita berimamkan IBLIS dan Setan dalam mendapatkan Ilmu karena sepengetahuan aku segala ilmu hitam takkan memberi bekas jika Kalimah Syahadat sudah menyatu dalam diri dan bathin kita.
    Akan tetapi sangka-sangka bisa melemahkan keyakinan.
    Berhati-hatilah terhadap sangka-sangka. Karena Allah tergantung dari sangka-sangka hamba-Nya.
    Apabila kita bersangka2 diri kita akan terkena santet maka besar kemungkinan kita akan terkena santet beneran.
    Ulun asli orang kalimantan tau betul gimana dan bagaiman ilmu yang ada di kalimantan.
    Mun orang bahari di pasir ada ai nang sanggup mamacul ka bigi palir…. he..he…he…
    Taga mun orang banjar marantau jarang kada ba isi………….. paling kada saikit ada haja tu tahu hagan sangga diri…………
    Maaf kalau ada salah kata2….

      • Ilmu dyk it misteri asli hsl hub.btn manusia dg alam..dan trbukti nyata dlm kerusuhan etnis dan it mendunia mgakui,dan ilmu dyk bkn utk pamer dan jualan krn alami dan hnya org yg turunan drh dyk yg bs mempelajarinya dan tdk smua org tp ada ptnjuk2,isarat gaib bru bs di plajari dan mlalui tes trtentu scra alami maupun batin.

  36. Kakak perempuan saya tinggal di Balikpapan (KALTIM) sudah hampir 3,5 tahun ini hanya bisa di tempat tidur karena badannya tiba-tiba tidak punya tenaga utk digerakkan dan kakinya hingga seluruh tubuh sering keram / kejang parah kaki setiap 2 menit sekali setiap saat setiap hari non stop hingga hanya bisa teriak & menangis. Mata sebelah kiri sejak 3 tahun yg lalu juga tiba-tiba buta. Bila di sentuh, digendong / angkat akan kesakitan luar biasa badannya. Sudah berobat ke dokter dan berbagai RS sampai ke RS di Jakarta ber bulan-bulan tapi tidak ketemu penyakitnya ..semua hasil pemeriksaan dokter tidak ada masalah (bagus). Sudah berobat ke orang pintar dari berbagai suku dayak, paser, banten, jawa, bugis, buton sampai lebih dari 15 orang pintar tidak ada yg bisa menyembuhkan sedikitpun.

    Mohon bantuan info apakah ada yg punya kenalan orang yang bisa benar-benar bisa menyebuhkan santet jahat ? karena selama ini kami rasa hanya banyak penipu saja yg menginginkan uang padahal kami sudah habis-habisan dalam hal biaya pengobatan untuk kakak saya. Terima kasih.

    • amalkan aj surah AL_FATIHAH,,
      cukup pke air putih,,!!
      dteng aj k ulama atau habib minta kasih tau cara tarikan nafas untuk mengisi air..
      gunakan dengan laku cara karna itu lah kelebihan kalimat ALLAH,,

      tp perlu juga sebab awalnya karna penyakit yg aneh tu perlu d selidiki…

    • ass wr wb…
      Maaf sblumx klo boleh aq mau kasih saran kalo cari org pinter jgn lihat dr luar nya tp lihat isi nya, klo anda berminat saya tau slh stu org pinter dibanjar nma nya hj.sahlan
      Beliau cucu dari syekh muhammad Arsyad albanjari(datu kalampayan) insyaallh dapat membantu saudara anda … Tuk info anda bs tanya ke murid beliau sms aja ke 081348118666 mudah2n info ini bs membantu. Maaf sya ga bs membantu lebih jauh karna saya jauh dirantau orang.
      Wsslm….

  37. smoga adat taka dayak paser kuli bolum nua keti bune bareh…. soal iyo.. deo bang pea paser jaman endo.. sundok kewot diang budaya iyo… makse karena belo kakan belajar tapi bang ulun tuo kain yo belo kakan ngajar

  38. Lagi butuh bantuan..tanggal 7 sidang pertama aku…bgaimna caarax agar aq ga jadi cerai..mohon infox dimna tempat orang pinter di penajam..082348836997

    • assalamualaikum,perkenalkan nama sya nizar dari surabaya.kini sya ad dikalimanyan ymur,tujuan saya ingin mengenal dan memperdalami ilmu suku dayak,tolong informasi alamtnya lebih lanjut tolong kirimkan lewat email(mascatynizar@yahoo.co.id)salam kenal

  39. salam..
    ilmu bkn untk di perjual belikan tp untk menolong sesama..
    wahai orang2 yg beriman dekatknlah dirimu kpd sang pencipta..
    niscaya ap yg kau mnta pasti terkabul..scpt kilat menyambar ke bumi..doam akan terkabul…gegatine siro panjenengan ingsun kagunggan karso..beksani roh pribadi..wassalam

  40. Salam smua..sy cuma ingin
    Tanya apa benar perkataan teman saya yg kebetulan org kalimantan asli.ayahx kutai dan ibux banjar..teman kuliah ,dan 1 kos dngn sya..
    Kebetulan sy sngt tertarik dngn black magic,tp bukan berarti ingin mempelajarix hanya ingin tau kebenaranx..teman sya orgx pendiam, ibadahx cukup..1 kejadian yg saya ingat sampai sekarg..suatu malam saya jalan mencari makan ber dua teman saya..kami mencari makan di daerah pasar yg dekat dari kosan,,sambil cari angin saya ber dua dengan teman saya berjalan kaki menuju pasar yah sambil cuci mata sapa tau dpt berlian di jalan..hahah tp bukan berlian yg di dapt ,di jalan kami ketemu preman mabok,sambil membawa samurai ..saya sudah mengajak teman saya kabur,tp teman sya malah bilang jalan aja,samapi ketmu berhadapan sama preman mabok tadi..si preman melototin saya,waduh bakal kesambet samurai dah pikir saya..tau2 teman saya bicara ,klo ga mau mati jangan gangu saya,,seakan menantang..waduh pikir ku ini org sinting apa ..bukanx cari selamat malah cari masalah,,tp anehx si preman cuma berdiri tegang gemeteran,lemas
    Lalu teman saya berbicara ke preman simpan itu samurai kamu bikin takut org nanti..anehx si preman yg setau aku jagoaan daerah situ nurut sama teman ku..
    Lalu kami jalan lagi mencari makan,,setelah makan kami balik ke kost,nah di situ saya tanya emangx si preman udah kamu apain ko ampe kaya org ketakutan gtu..!!! Kata teman saya itu preman udah ga bisa berdaya udah dia kunci katax,,seluruh badanx udah ga bisa bergerak seperti boneka ktax tinggal di suruh apa jg mau..apa itu hipnotis kata saya..terus kata teman sya itu ilmu dari kampung halaman dia,,yg di beri org tuax saat merantau ke sini..
    Nah yg saya penasaran apa benar di sana itu ada ilmu yg seperti itu..??? Klo benar apa namax?? Sampai saat ini teman ku ga mau memberitahukan apa nama ilmu itu!!! Tolong klo ada yg paham,dan tau tentang cerita di atas mohon pencerahanx

  41. Suku Kutai atau Suku Dayak Kutai adalah suku asli yang mendiami wilayah Kalimantan Timur yang mayoritas saat ini beragama Islam dan hidup di tepi sungai. Suku Kutai merupakan bagian dari rumpun Suku Dayak, khususnya dayak rumpun ot danum ( tradisi lisan orangtua beberapa Suku Kutai yang mengatakan Suku Dayak Lawangan yang kemudian berdiam di Kalimantan Timur melahirkan Suku Dayak Tunjung dan Suku Dayak Benuaq, kemudian dengan masuknya budaya muslim melahirkan terbentuknya masyarakat Suku Kutai yang berbeda budaya dengan Suku Dayak). Pada awalnya Kutai merupakan nama suatu teritori tempat bermukimnya masyarakat asli Kalimantan atau Dayak. Suku Kutai berdasarkan jenisnya adalah termasuk suku melayu tua sebagaimana Suku Dayak di Kalimantan Timur. Oleh karena itu secara fisik Suku Kutai mirip dengan Suku Dayak rumpun ot danum. Hubungan Kekerabatan Suku Kutai dengan Suku Dayak diceritakan juga dalam tradisi lisan Suku Dayak dengan berbagai versi di beberapa sub suku rumpun ot danum ( Karena masing – masing sub suku memiliki sejarah tersendiri ). Adat-istiadat lama Suku Kutai banyak kesamaan dengan adat-istiadat Suku Dayak rumpun ot danum (khususnya tunjung-benuaq) misalnya; erau (upacara adat yang paling meriah), belian (upacara tarian penyembuhan penyakit), memang, dan mantra-mantra serta ilmu gaib seperti; parang maya, panah terong, polong, racun gangsa, perakut, peloros, dan lain-lain. Dimana adat-adat tersebut dimiliki oleh Suku Kutai dan Suku Dayak. Bahkan hingga saat ini masih ada Suku Kutai di Desa Kedang Ipil, Kutai Kartanegara yang menganut kepercayaan kaharingan sama halnya dengan Suku Dayak.

    Daftar isi [sembunyikan]
    1 Etimologi
    2 Bahasa
    3 Asal Mula
    4 Kerajaan Tanah Kutai
    5 Kisah Pecahnya Puak Tanah Kutai
    6 Problematika klasifikasi Dayak atau Melayu

    [sunting] EtimologiPada awalnya Kutai bukanlah nama suku, akan tetapi nama tempat/wilayah dan nama Kerajaan tempat ditemukannya prasasti Yupa oleh peneliti Belanda. Kemudian lambat laun ‘Kutai menjadi nama suku. Sama halnya dengan dayak yang bukan merupakan nama suku dulunya karena istilah dayak merupakan nama pemberian peneliti Belanda. Menurut tradisi lisan masyarakat kutai, Nama Kutai berawal dari nama Kerajaan Kutai Martadipura di Muara Kaman, sebenarnya nama kerajaan ini awalnya disebut Queitaire (Kutai) oleh Pendatang dan Pedagang awal abad masehi yang datang dari India selatan yang artinya Belantara dan Ibukota Kerajaannya bernama Maradavure (Martapura) berada di Pulau Naladwipa dan letaknya di tepi Sungai Mahakam di seberang Persimpangan Sungai Kanan Mudik Mahakam yakni Sungai Kedang Rantau asal nama Kota Muara Kaman sekarang. Dalam berita Champa atau Cina disebut Kho-Thay artinya Kota Besar atau Bandar Kerajaan Besar. Ada pendapat lain, bahwa Sumpah Palapa Patih Gajah Mada di Majapahit sempat menyebutkan Tunjung Kuta, ada pula yang mengatakan tulisan yang benar adalah Tunjung Kutai, akan tetapi ini pada masa Kerajaan Kartanegara.

    Dari pemaparan di atas diketahui bahwa Kutai pada masa itu adalah nama Kerajaan/kota/wilayah tempat penemuan prasasti bukan nama suku (etnis) dan hubungan kekerabatan Suku Kutai dan Suku Dayak sangat kuat. Hanya saja pengaruh agama Islam dan akulturasi pendatang yang menyebarkan agama Islam ( Sumatra, Cina, Banjar, Bugis, Jawa ) serta perang antar kerajaan ( Dinasti Kartanegara dari Majapahit yang memenangkan peperangan melawan kerajaan Kutai Martadipura ) pada saat itu mengakibatkan budaya Suku Kutai menjadi agak berbeda dengan Suku Dayak saat ini. Oleh karena itulah Suku Kutai menyebut Suku Dayak dengan istilah Densanak Tuha yang artinya Saudara Tua.

    [sunting] BahasaMasyarakat Kutai yang terdiri dari banyak sub suku memiliki bahasa yang beragam. Beberapa bahasa sub suku yang sudah tidak dipergunakan lagi dan kemungkinan sudah punah adalah bahasa Umaa Wak, Umaa Palaa, Umaa Luhaat, Umaa Palog, Baang Kelo dan Umaa Sam. Bahasa-bahasa tersebut dulunya lazim digunakan oleh masyarakat Kutai di hulu maupun hilir mahakam.

    Saat ini bahasa Kutai terbagi ke dalam 4 dialek yang letaknya tidak saling berdekatan :

    1.Kutai Tenggarong (vkt)
    2.Kutai Kota Bangun (mqg)
    3.Kutai Muara Ancalong (vkt)
    4.Kutai Sengata/Sangatta (belum ada kode bahasanya)

    Disamping memiliki beberapa persamaan kosa kata dengan bahasa Banjar, Bahasa Kutai juga memiliki persamaan kosa kata dengan bahasa Dayak Iban, misalnya :

    nade (Bahasa Kutai Kota Bangun); nadai (Bahasa Kantu’), artinya tidak
    celap (Bahsa Kutai Tenggarong; celap (Bahasa Dayak Iban, Bahasa Dayak Tunjung), jelap (Bahasa Dayak Benuaq) artinya dingin
    balu (Bahasa Kutai Tenggarong), balu (Bahasa Dayak Iban, balu’ Bahasa Dayak Benuaq), artinya janda
    hek (Bahasa Kutai Tenggarong), he’ (Bahasa Dayak Tunjung), artinya tidak
    [sunting] Asal MulaMenurut tradisi lisan dari Suku Kutai, Proses perpindahan penduduk dari daratan asia yang kini disebut provinsi Yunan – Cina selatan berlangsung antara tahun 3000-1500 Sebelum Masehi. Mereka terdiri dari kelompok yang mengembara hingga sampai di pulau Kalimantan dengan rute perjalanan melewati Hainan, Taiwan, Filipina kemudian menyeberangi Laut Cina Selatan menuju Kalimantan Timur. Pada saat itu perpindahan penduduk dari pulau satu ke pulau lain tidaklah begitu sulit kerena pada zaman es permukaan laut sangat turun akibat pembekuan es di kutub Utara dan Selatan sehingga dengan hanya menggunakan perahu kecil bercadik yang diberi sayap dari batang bambu mereka dengan mudah menyeberangi selat karimata dan laut cina selatan menuju Kalimantan Timur. Para imigran dari daratan Cina ini masuk ke Kalimantan Timur dalam waktu yang berbeda, kelompok pertama datang sekitar tahun 3000-1500 Sebelum Masehi termasuk dalam kelompok ras Negrid dan weddid kelompok ini diperkirakan meninggalkan Kalimantan dan sebagiannya punah. Kemudian sekitar tahun 500 sebelum masehi berlangsung lagi arus perpindahan penduduk yang lebih besar dan kelompok inilah yang diperkirakan menjadi cikal bakal penduduk Kutai. Setelah adanya arus perpindahan penduduk dari Yunan terjadilah percampuran penduduk kerena perkawinan.

    Penduduk Kutai pada masa itu terbagi menjadi lima puak (lima suku):

    1.Puak Pantun
    2.Puak Punang
    3.Puak Pahu
    4.Puak Sendawar
    5.Puak Melani

    Puak Pantun

    Puak Pantun adalah suku tertua di Kalimantan Timur, dan merupakan suku atau Puak yang paling Tua di antara 5 Suku atau Puak Kutai lainya, mereka adalah suku yang mendirikan kerajaan tertua di Nusantara yaitu kerajaan Kutai Martadipura di Muara Kaman pada abad 4 Masehi. Raja pertamanya dikenal dengan nama Kudungga, dan kerajaan ini jaya pada masa dinasti ketiganya yaitu pada masa Raja Mulawarwan. Dibawah pimpinan Maharaja Mulawarman, kehidupan sosial dan kemasyarakatan diyakini berkembang dengan baik. Pemerintahan berpusat di Keraton yang berada di Martapura wilayah kekuasaannya terbentang dari Dataran Tinggi Tunjung (Kerajaan Pinang Sendawar), Kerajaan Sri Bangun di Kota Bangun, Kerajaan Pantun di Wahau, Kerajaan Tebalai, hingga ke pesisir Kalimantan Timur, seperti Sungai China, Hulu Dusun dan wilayah lainnya. Dengan penaklukan terhadap kerajaan-kerajan kecil tersebut, kondisi negara dapat stabil sehingga suasana tentram dapat berjalan selama masa pemerintahannya. Suku ini mendiami daerah Muara Kaman Kab. Kutai Kartanegara dan sampai Daerah Wahau dan Daerah Muara Ancalong, serta Daerah Muara Bengkal, Daerah Kombeng di dalam wilayah Kab.Kutai Timur sekarang.

    Puak Punang

    Puak Punang (Puak Kedang) adalah suku yang mendiami wilayah pedalaman. Diperkirakan suku ini adalah hasil percampuran antara puak pantun dan puak sendawar (tunjung-benuaq). Oleh karena itu, logat bahasa Suku Kutai Kedang mengalunkan Nada yang bergelombang. Misalya bahasa Indonesia “Tidak”, Bahasa Kutai “Endik”, Bahasa Kutai Kedang “Inde”…. tegas alas gelombang. Suku ini mendirikan kerajaan Sri Bangun di Kota Bangun (atau dikenal dengan nama Negeri Daha pada masa pemerintahan Kutai Matadipura). Puak punang ini tersebar diwilayah Kota Bangun, Muara Muntai, danau semayang, Sungai Belayan dan sekitarnya.

    Puak Pahu

    Puak Pahu adalah suku yang mendiami wilayah kedang pahu. Suku ini tersebar di muara pahu dan sekitarnya.

    Puak Sendawar

    Puak Sendawar adalah suku yang mendiami wilayah sendawar (Kutai Barat), suku ini mendirikan Kerajaan Sendawar di Kutai Barat dengan Rajanya yang terkenal dengan nama Aji Tulut Jejangkat. Suku ini mendiami daerah pedalaman. Mereka berpencar meninggalkan tanah aslinya dan membentuk kelompok suku masing-masing yang sekarang dikenal sebagai suku Dayak Tunjung, Bahau, Benuaq, Modang, Penihing, Busang, Bukat, Ohong dan Bentian.

    Suku Tunjung mendiami daerah kecamatan Melak, Barong Tongkok dan Muara Pahu
    Suku Bahau mendiami daerah kecamatan Long Iram dan Long Bagun
    Suku Benuaq mendiami daerah kecamatan Jempang, Muara Lawa, Damai dan Muara Pahu
    Suku Modang mendiami daerah kecamatan Muara Ancalong dan Muara Wahau
    Suku Penihing, suku Bukat dan suku Ohong mendiami daerah kecamatan Long Apari
    Suku Busang mendiami daerah kecamatan Long Pahangai
    Suku Bentian mendiami daerah kecamatan Bentian Besar dan Muara Lawa

    Selain suku-suku tersebut, terdapat pula suku-suku lain yaitu suku Dayak Kenyah, Punan, Basap, dan Kayan.

    Suku Kenyah merupakan pendatang dari Apo Kayan, Kab. Bulungan. Kini suku ini mendiami wilayah kecamatan Muara Ancalong, Muara Wahau, Tabang, Long Bagun, Long Pahangai, Long Iram dan Samarinda Ilir.
    Suku Punan merupakan suku Dayak yang mendiami hutan belantara di seluruh Kalimantan Timur mulai dari daerah Bulungan, Berau hingga Kutai. Mereka hidup dalam kelompok-kelompok kecil di gua-gua batu dan pohon-pohon. Mereka dibina oleh Departemen Sosial melalui Proyek Pemasyarakatan Suku Terasing.
    Suku Basap menurut cerita merupakan keturunan orang-orang Cina yang kawin dengan suku Punan. Mereka mendiami wilayah kecamatan Sangkulirang.
    Suku Kayan berasal dari Kalimantan Tengah, suku ini sering juga disebut dengan suku Biaju. Mereka mendiami daerah kecamatan Long Iram.

    Puak Melani

    Puak Melani adalah suku yang mendiami wilayah pesisir. Mereka merupakan suku termuda di antara puak-puak Kutai, di dalam suku ini telah terjadi percampuran antara suku kutai asli dengan suku pendatang yakni; Banjar, Bugis, Jawa dan Melayu. Sehingga Puak ini memang sudah merupakan kesatuan etnis. Suku ini mendirikan kerajaan Kutai Kartanegara. Raja pertamanya bernama Aji Batara Agung Dewa Sakti. Suku ini mendiami wilayah pesisir seperti Kutai Lama dan Tenggarong.

    Dalam perkembangannya puak pantun, punang, pahu dan melani kemudian berkembang menjadi suku kutai yang memiliki bahasa yang mirip namun berbeda dialek. Sedangkan sebagian puak sendawar (puak tulur jejangkat) yang tidak berasimilasi dengan pendatang akhirnya hidup di pedalaman, oleh Peneliti Belanda disebut dengan istilah Orang Dayak.

    [sunting] Kerajaan Tanah KutaiDi Tanah Kutai diketahui berdiri 3 Kerajaan Besar, yaitu :

    1.Kerajaan Kutai ( Corak Hindu-Kaharingan )
    2.Kerajaan Sri Bangun ( Corak Budha-Melayu Muda)
    3.Kerajaan Kutai Kartanegara ( Corak Islam – Asimilasi Melayu Muda dan dayak )
    [sunting] Kisah Pecahnya Puak Tanah KutaiDisinilah awal terbaginya dua golongan atau kelompok suku asli di Tanah Kutai, yakni Suku Dayak dan Suku Kutai (haloq). Haloq adalah sebutan bagi Suku Dayak atau suku asli Tanah Kutai yang keluar dari adat/budaya/kepercayaan nenek moyang ( Adat, budaya, serta kepercayaan nenek moyang tersebut masih terlihat dari ciri khas Suku Dayak saat ini). Mereka yang behaloq ( Meninggalkan adat ) lebih menerima dan mau berbaur dengan pendatang akibatnya masyarakat ini lebih sering dijumpai di daerah pesisir. Sebutan haloq mulai timbul ketika suku-suku dari puak-puak kutai di atas mulai banyak meninggalkan kepercayaan lama salah satunya adalah dengan taat pada ajaran Islam, karena adat istiadat, budaya, dan kepercayaan dari suku asli Tanah Kutai tersebut banyak yang bertentangan dalam ajaran Islam. Kemudian karena puak pantun, punang, dan melani sebagian besar meninggalkan adat atau kepercayaan lama mereka, maka mereka mulai di sebut ‘orang haloq’ oleh puak lain yang masih bertahan dengan kepercayaan lamanya (kepercayaan nenek moyang). Dan puak yang masih bertahan dengan adat/kepercayaan lamanya sebagian besar adalah puak sendawar (puak tulur jejangkat), meskipun sebagian kecil ada juga suku dari puak sendawar yang meninggalkan adat lama (Behaloq). Sejak itulah orang haloq dan orang yg bukan haloq terpisah kehidupannya, karena sudah berbeda adat istiadat. Lambat laun orang haloq ini menyebut dirinya ‘orang kutai’ yang berarti orang yang ada di benua Kutai atau orang dari wilayah Kerajaan Kutai. Sejak itu lah kutai lambat laun mulai menjadi nama suku, yang mana suku kutai ini berasal dari puak pantun, punang, pahu dan melani dan sebagian kecil puak sendawar. Sekarang Suku Kutai sudah banyak bercampur dengan etnis lain. Terlihat dari budayanya yang merupakan hasil akulturasi dari beberapa budaya suku lain. Terutama Kutai Kartanegara yang berasal dari Jawa dan bercampur dengan suku asli tanah kutai ( saat ini disebut Suku Dayak ) tersebut.

    Puak sendawar yang sebagian besar masih bertahan dengan adat/kepercayaan lama kemudian berpencar membentuk kelompok-kelompok suku pedalaman dan terasing. Mereka kini menjadi suku Tunjung, Benuaq, Penihing, Oeheng, Bentian, Bahau, Modang dan lain-lain. Mereka adalah suku yang disebut Suku Dayak pada masa kini. Dayak adalah sebutan yang dipopulerkan oleh orang Belanda dan peneliti asing, dimana mereka menyebut suku – suku asli yang mendiami pedalaman Kalimantan. Sehingga istilah dayak sendiri sebenarnya bukan berasal dari leluhur orang Kalimantan itu sendiri. Oleh karena itu masih ada beberapa dari Suku Dayak enggan disebut Dayak. Mereka lebih memilih disebut subsukunya, seperti orang Tunjung, orang Benuaq, dan lain – lain.

    Jadi yang disebut Suku Kutai sekarang ini adalah suku dari puak pantun, punang, pahu dan melani yang mudah berakulturasi dengan pendatang dan perlahan meninggalkan adat lamanya. Sedangkan Suku Dayak adalah dari puak sendawar yang tetap teguh memegang keyakinan leluhur. Jadi Suku Kutai bukanlah suku melayu muda akan tetapi adalah suku melayu tua, sama seperti Suku Dayak. Pengelompokkan Suku Kutai kedalam ras melayu muda hanya berdasarkan Sosio-religius atau kultural, bukan berdasarkan jenisnya (melayu tua).

    [sunting] Problematika klasifikasi Dayak atau MelayuPerubahan Suku Kutai secara drastis setelah masuk Islam, hampir menghapus jejak asal muasalnya yaitu Suku Lawangan. Kebudayaan Melayu yang dianggap lebih “beradab”, membantu menghilangkan budaya Dayak pada Suku Kutai dengan cepat. Istilah “haloq” yang melekat pada Suku Kutai yang berarti “meninggalkan adat lawas” digunakan sebagai kebanggaan bagi yang be”halooq”. Tapi bagi Tunjung-Benuaq istilah itu sebagai stigma karena tidak menghargai warisan leluhur. Sehingga Kutai kehilangan jejak Kaharingan / Lawangan, walaupun sebagian kecil ada yg tersisa. Akibatnya orang lebih yakin Kutai adalah Melayu, padahal tidaklah demikian. Tentu saja segala hal dalam adat lawas dianggap syirik (bertentangan dengan agama) jadi harus dimusnahkan dan ditinggalkan.

    Sulitnya data semakin mempersulit para peneliti untuk mencari jejak asal muasal Suku Kutai. Membuat hasil penelitian terlihat ambigu bahkan samar. Peneliti seringkali mengklasifikasikan berdasarkan bahasa, sedangkan menurut orang Kutai dan Tunjung-Benuaq mengenal tradisi lisan yang mengklasifikasikan golongan berdasarkan budaya dan sejarah budayanya serta geneologi. Oleh karena itulah Suku Kutai diklasifikasikan ke dalam suku Dayak berbudaya Melayu.

  42. asalamualaikum wr.wb semuanya , ane dari keluarga besar raden mas ki panji anom , kalau ada masalah kehidupan tntng apa saja silahkan hubungi 0838 988 24049

  43. permisi,,

    kok, ga ad sih nama sultan suriansyah di sebutkan….

    sidin tu kalu nang manyatu akan pulau borneo ni,,nang pas perang saudara jaman bahari tu…

    nang paling di hurmati ulih saluruh suku dayak,,

    muhun ma’ap mun ad tasalah ucap ulun minta rila wan dangsanak sabarataan…

    suk banjar loko jar nang di sambat dangsanak tatuha.

  44. ilmu suku dayak sebetulnya tdk perlu di publikasikan.utk apa menyombongkan ilmu.kami dayak berau punya juga ilmu seperti itu dan suatu kebanggaan bagi kami putri buaya putih dan panglima api dari berau asalnya.jgn sombongkan ilmu yg dipunya

  45. Bg, bleh kadak aq maintak no hp abg
    ne no aq bg 085762411237, tlg hbungi ya bg

    gni crta’a bg, aq ne nk pranto, asal q bs dipdahakan lh di pedalaman sumut.

    aq hanyar llus smk, jd beselang 3 blan aq mrantau ke medan
    dsni aq krja di pabrek almunium, tp cma 2 blan ja krna aq dibawain kwan kerja di tmpat dia yg agk enk dkit la di bnding di pabrek.

    ya aq hndk aja di bawain’a, tp wktu tu aq kadak tahuk daerah’a tu dinapa para ps’a dstu.
    ada 3 hr aq dstu aq belalah la ke tmpat kwan yg ada di dkat stu
    untk bersilahturahim gt.
    stlah tu aq jlan plag bdua ma kwan yg membawain aq krja di tmpt iyak
    tba2 dtgah jln kmi d tondong bg ma ank stu
    urg tu be senjata. aq hndak mlawan, kwan q udh ktakutan aja. mau lri pn ngok dkwan aq jd gk bsa lri bg
    dstu uang gjian q slam sblan di ambl smua
    smnjk saa itu lh aq troma q bg
    abg byangkn lh kyk mn sket’a bru gjian 3 hri aq hrus nglami kyk gtu
    dri stu aq dndam q ma yg ndong km tu
    wjah’a ja aq msik ingt, gr2 dia aq skrg tblet utg.
    bg krm kn ya no abg ya

    kta bs be kwan kn bg

  46. selamat datang kembali..dan bergabung sekedar info untuk masyarakat dayak asli ataupun keturunan agama apapun tolong jaga kondusif bumi borneo,karena dayak tdk pernah memulai masalah dan benturan dgn siapapun, tapi harap mohon kepada warga pendatang jgn di pancing2 baik secara sengaja ataupun sindiran-sindiran, krn dayak sangat plos apa yg jd omongan org apalagi pendatang dia akan pegang dan itu jadi ingatan seumur hidup,jika melanggar mka pendatang tsb tdk akan di percaya, dan di katakan penipu dan jika itu kerap kali terjadi, apalagi pelecehan thd khidupan sosial masyarakat adat istiadat, dan sampai ada dyk yg teraniaya dan mengeluarkan drh atau dibunuh, maka darah dayak tersebut akan berteriak kpd leluhurnya, dan leluhurnya akn mendengarkan, dan roh si dyk tsb akn menyatakan kpd leluhurnya bhw siapa pelakunya…dan apbila itu tjd maka drh dyk akn menuntut DARAH BAYAR DARAH HARGA DIRI DAYAK DAN NYAWA GANTI NYAWA apabila itu tjd..susah bagi kita semua..pepatah dayak APABILA MANDAU SUDAH TERHUNUS PANTANG DISARUNGKAN JIKA TDK MAKAN DARAH, dan kebiasaan itu sdh mengakar turun temurun kita mempunyai keramat tnh dan di daerah manapun tnh adalah pusakla leluhur tempat para pendahulu kita wafat,jadi sudah mengenal dgn baik siapa keturunannya dan akan membantu keturunannya jika di minta bantuan..contoh sdh tjd di kalimantan peperangan yg memakan korban krn tnh dyk di aniaya dan masy.adat di tindas,dibunuh dan di lecehkan,jgn sampai itu berulang terus sehingga menimbulkan anti terhadap pendatang..RUSAK SUSU SEBELANGGA AKIBAT NILA SETITIK.
    di sepanjang lembah.bukit.perhuluan sungai dan rimba belantara semua tempat para leluhur dyk berdiam dan bertapa dan menjaga bumi borneo ini,jadi jgn sampai mrk murka krn keturunannya di sakiti….salam PANGLIMA MUDA BALA SERIBU ” LASKAR PENGAYAU”

    • Salam 1 Borneo Panglima Muda Bala Seribu. Saya pingin berkenalan dengan saudara.Manalah bisa kita bertukar-tukar pendapat/idea.Saya adalah salah satu cabang suku dayak sekarang tinggal di Pensiangan,Sabah.

      • Khabar baik…saudara sekarang ni ada di mana? Februari 2012 ada juga saya ke Balik Papan dan sekitar Samarinda…di sana ketemu dengan seorang dari suku dayak paser….orangnya sederhana tapi amat menyenangkan…Di sini juga banyak teman2 dari suku Iban yang asalnya Sarawak…apa pun kita seborneo……

    • Salam kenal panglima dari saya dan apa boleh saya mintak ijazah keilmuanya yg halimunan suku dayak,mhon di kirim ke email saya ya panglima dan saya ucapkan beribu ribu terima kasih,salam persaudaraan dan ini email saya. Jokoasmoropanji0007@gmailcom.

  47. saya sudah menikah tp pasangan saya ninggalin gitu aja padahal dia sedang hamil… jdi solusinya gimana biar dia balik n tunduk sama saya

    • Asalamuaikum, ingatlah manusia hidup di dunia ini cuman satu kali jodoh,rejeki,kematian udah ada yg ngatur pasrahlah pada alloh mempunyai ilmu itu emng bisa di banggakan tapi ingatlah nanti kalau udah di kubur kau tak akan diterima di ahirat itu hanya siasat setan untuk menjerumuskanmu kelak di ahirat pasrahlah sama alloh penderitaanmu di dunia ahir dari kebahagiaan di ahirat.wasalamualikum

  48. Ilmu dayak itu,dak bisa di campur dg elmu agama,krn mistis dayak udh ada sebelum dayak ber agama,jdi segala ritual tetap minta restu dari petara/jubata/al ta ala/penompa/duwata/hyang suka/dll sbutan utk sang pencipta,krn dyk sgt memahami alam ini ada yg miliki,jd hrs ijin/restu apabila lkukan ritual,bgitu juga kalau adakan upacara ritual di tempat tertentu,hrs permisi dg penguasa gaib wilayah tsb,krn dlm ilmu gaib itu ada aturan2 juga tdk smbarangan,krn akan menimbulkan bala kpd manusia.mistis dayak tua dan asli dr leluhur dan tapaan,tdk ada ucapkan (bismilah) dan atau nama nabi tertentu krn itu artinya berhianat dg agamanya,di campur adukkan. Cth mantra dayak asa,dua,talo,ampat,lima,anam,tujuh.tujuh matahari timbul,tujuh matahari padam,tujuh gunung,tujuh lembah,tujuh penjuru mata angin dst..ku panggil semangat sie …..(Nama yg di tuju).tikam jantung,darah sdh tumpah jantung sdh pecah,hati kena rajah,hai kau…sifat umat menyuruk awan yang lembang,berjalan di tanah yg basah..dst…cth mantra sejenis tikam semangat musuh jarak jauh,apbila semangatnya dtg dan kn tikam,dlm itgan detik pasti mati..krn ada 7 lapis,7 pnjuru dan ada saat org tsb lengah,nth tidur,mkn,mandi dll mka mantra tikam smagat ini bkerja,apabila sdh di mantrai maka angin yg mmbawa mistis mantra akan berputar di tmppat tinggl yg di tuju,dari 7 lapis serangan pasti ada 1 yg kn,walaupn org tsb py pendiding bdn,krn kt pake kramat tnh tmpt dia tinggal bs bnh dia,brg2 dlm rmhnya smua berbalik mnyerang scr gaib..nah itu slh 1 mntra mhn maaf ini skdar pengtahuan saja..bkn menyombongkan diri..tp ilmu itam ini jrg di turunkan ke org2 dyk,krn sgt bhya,kcuali saat perang dan msh ssh di bnh,jd bru gnakan ilmu ini,dia akan mati di kndgnya sndiri,dan apapun ilmu nya akan berbalik menghantamnya..merica bs jd lebah,bawang bs jd lintah,dst…1 lg psn saya jgn gbgkan ilmu agama dg ilmu gaib atau leluhur,kt blh berdoa kpd tuhan mt restu,tp jgn sertakan nabi atau ayat2 dlm kitab suci utk gaib,krn ilmu gaib itu beda jurusannya dg agama.trims

  49. Ilmu-ilmu dayak tingkat tinggi semuanya diperoleh dengan ritual tapa brata/belampah, ada 40 hari, 100 hari, 1000 hari. Kalo model yang diisi atau dengan jimat bahkan yang dengan rapalan itu masih yang tingkat rendah. Sebenarnya ilmu dayak sama aja dengan daerah laen seperti jawa, sumatra, sulawesi ataupun bali. Yang membedakan adalah praktisinya yang melestarikan warisan leluhur masih banyak. Kalo daerah laen sudah banyak ilmu-ilmu warisan hilang/punah karena tidak ada praktisi yang mau melakukan ritual/laku dengan mempertaruhkan nyawa untuk memperoleh ilmu tersebut. Kebanyakan maunya instan, sehingga sepertinya hebat tapi kulitnya saja. Ada dari dayak kutai untuk memperoleh ilmunya dengan tirakat dikubur hidup-hidup selama 40 hari, untuk bisa bernapas dibantu dengan bambu yang ditancapkan di kuburnya. Aji Kawibawa “Putra Matahari” tirakat didalam goa selama 100 hari tidak boleh kena cahaya. Kemudian setiap pagi keluar dari goa menatap matahari terbit untuk menyerap kekuatan matahari. Tunggangan Harimau, Melipat Bumi, Merasuk Angin, ilmu yang membuat jarak/tempat bukan menjadi halangan juga diperoleh dengan bertapa. Melihat Mata Luka (melihat lokasi luka bacok sebelum bacokan terjadi), Menutup Mata Luka (menutup lokasi luka bacokan yang bakal terjadi), Tulak seribu buli’ seribu (mengetahui anggota pasukan yang bakal mati), Melamah wasi (besi jadi lembek/klo di jawa kuno para empu buat bikin keris).
    Sedikit kronologis kejadian Sampit :
    *Hari pertama : “orang-orang dayak dibunuhi, rumah-rumah disweeping, dipasar beberapa orang cina mati karena berkulit putih dan bermata sipit, orang dayak mulai mengungsi keluar dari Sampit (orang dayak sampit dikejar, dibunuh dan terusir dari tanah mereka sendiri).
    Di malam hari beberapa damang (pemangku adat) melakukan ritual gaib mangkuk darah meminta bantuan para leluhur dan kerabat.”
    * Hari Kedua : “Etnis pendatang menguasai kota sampit. orang dayak sampit menyingkir keluar kota. Sore Hari Bantuan dari suku-suku dayak dari seluruh pelosok kalimantan berdatangan berkumpul di daerah Lok Bunter. Orang-orang ini yang bisa menangkap sinyal SOS yang dikirim melalui mangkok darah. Kesulitan medan, jarak yang jauh bukan menjadi halangan. Sore itu sekitar 1000 orang perwakilan dari seluruh kalimantan berkumpul di Lok Bunter (Kota kecil di sekitar Sampit). Di antara 1000 orang itu ada sekitar 80 orang kakek-kakek yang menonjol dari laen. ke 80 orang ini menyeleksi 1000 orang perwakilan tadi. diputuskan cuma 100 orang yang bakal masuk kota sampit untuk buka jalan. yang tidak lolos bukan karena kalah kesaktian tapi karena kalo memaksa ikut bakalan mati (dilihat dari ilmu tulak seribu buli’ seribu). yang bakalan luka ditutup dulu mata lukanya, sehingga 100 orang ini sama sekali tidak mengalami luka. 100 orang pilihan ini yang pertama disebut PASUS (Pasukan Khusus) Dayak. Di malam Sebelum berangkat ke kota Sampit mereka mengadakan ritual upacara perang (upacara yang sudah seratus tahun lebih tidak dilakukan orang dayak manapun). Malam Hari Kedua PASUS masuk kota Sampit, buka jalan dan kuasai Hotel Rama (hotel berbintang di Sampit). Bunuh yang melawan dan jangan ganggu yang tidak melawan”
    *Hari Ketiga : “Dari Hotel Rama ke 80 orang tokoh dayak mengatur strategi untuk menguasai kota sampit di Hari Ketiga ini perang besar terjadi, ribuan nyawa melayang dari etnis pendatang dan tak satupun dari orang dayak yang mati. Untuk membantu logistik pasukan dibikin dapur umum di belakang hotel Rama. Orang dayak lokal/sampit yang tersisa mulai diisi ilmu kebal untuk menambah besar kekuatan pasukan. di sore hari etnis tertentu sudah terdesak keluar dari Sampit di hari ketiga ini ketua persatuan etnis pendatang “Marlinggi” mengungsi ke surabaya.”
    *Hari Keempat: “Kota Sampit sudah dikuasai PASUS, kekuatan PASUS hari keempat sudah lebih dari 5000 orang. dan mulai dilakukan penyisiran dikota sampit oleh PASUS. Di Hari Keempat datang KOPASUS dan Brimob kelapa dua dari jakarta. Hari keempat inilah yang mengheboh dunia, dikarenakan wartawan lokal dan mancanegara sudah mulai meliput kejadian. KOPASUS dan Brimob ngak bisa berbuat banyak. bahkan banyak diantara mereka mengalami stress. puncaknya terjadi baku tembak diantara orang brimob sendiri. mereka melihat sendiri orang yang dievakuasi kehilangan kepalanya tanpa mereka bisa berbuat apa-apa. Ribuan mayat bergelimpangan tanpa kepala, kepala berserakan seperti sampah. air sungai Mentaya kemerahan dan berbau anyir. Disini PASUS dayak mulai terkenal, ditembaki malah joget, dilempari granat bukannya lari malah granatnya ditangkap kaya bola baseball. Etnis tertentu yang terdesak keluar dari sampit melakukan penyerangan sporadis masuk ke Sampit
    *Hari Kelima: “80 orang tokoh dayak di Hotel Rama ditahan Polisi karena dianggap dalang kerusuhan sampit. Hari kelima ini mulai banyak orang yang mencari keuntungan dengan menyamar menjadi PASUS. PASUS palsu ini menjarah dan membunuh anak kecil, perempuan bahkan ada yang memperkosa. PASUS palsu ini dijuluki dayak jukung.”
    *Hari keenam: “Serangan dari luar kota sampit sudah mulai reda, PASUS mulai mensweeping ke luar kota sampit”.
    *Hari Ketujuh: “80 orang tokoh dayak dibebaskan, selain tidak terbukti menjadi dalang, pihak kepolisian mendapat intimidasi dari pihak dayak. Hari Ketujuh ini terjadi penyerangan PASUS terhadap dukun sakti dayak yang dianggap melindungi/membela etnis tertentu (Kebetulan beberapa istrinya orang dari etnis tertentu). Penyerangan ini dipimpin oleh seorang tokoh dari 80 orang tokoh Hotel Rama. Pertarungan yang menggunakan mandau berlangsung berjam-jam. walaupun dengan membuka kunci ilmu kebalnya tetap saja orang sakti itu nggak bisa dibunuh, setiap luka selalu pulih seketika, menyentuh tanah mayatnya hidup kembali. dengan bantuan tokoh dayak akhirnya bisa dibunuh tanpa menyentuh tanah, dan mayatnya langsung dibakar.
    Ciri PASUS bentukan Hotel Rama :
    1. Bisa mendeteksi orang dari etnis tertentu dari jarak beberapa kilometer
    2. Bisa mengenali orang etnis tertentu dari baunya (kata mereka bau sapi).
    3. Tidak melakukan penjarahan dan pembunuhan terhadap orang yang tidak melawan (terutama anak-anak dan perempuan).
    Mungkin ini kejadian pertama kali sepanjang sejarah orang dayak, bersatu dari seluruh kalimantan untuk sebuah peperangan. zaman dahulu malah sering terjadi perang antar suku, saling membantai antara mereka sendiri. Memburu kepala suku lain. Suku-suku besar adalah suku-suku pengayau sedang suku-suku kecil biasanya adalah suku tertindas, suku-suku pelarian untuk menyelamatkan kepala mereka.

  50. Sebenarnya tidak ada ilmu hitam atau ilmu putih, ilmu untuk kebaikan atau ilmu untuk kejahatan. selama memakai kekuatan sendiri atau kekuatan dari dunia lain selain mengandalkan Tuhan adalah sesat.
    Andalkan Tuhan dalam hidupmu maka luruslah jalanmu!
    Lihat Tipuan Iblis :
    1. Minyak Rangka Hirang, Cincang Saluang, Rantai Babi
    Jaya dalam pertempuran, tapi mengalami penyakit kulit seumur hidup.
    Sumpah ilmunya mati tenggelam. Berkelahi belum tentu 1 kali setahun
    tapi garuk-menggaruk setiap jam.
    2. Minyak Luka
    Menyembuhkan luka seketika dan tidak menimbulkan bekas. tapi
    keluarganya termasuk dia sendiri akan hidup dari luka dan luka.
    3. Minyak Patah Tulang
    Menyembukan patah tulang. Keluarga pemilik minyak ini akan banyak
    mengalami patah tulang…patah dan patah.
    4. Banyak Ilmu hanya bisa diwariskan kepada keturunannya saja
    Ini karena nenek moyangnya telah mengikat perjanjian dengan iblis
    dan menyerahkan keturunannya kepada Penguasa Kegelapan.
    Jangan Percaya kepada kekuatan sesaat yang sepertinya menolong tapi sebenarnya menghancurkan. Sepertinya menyembuhkan tapi menimbulkan banyak penyakit lain. Sepertinya memberi kekuatan yang hebat tetapi damai sejahtera kita direnggut
    Kasihilah orang yang mengasihi kamu..
    Kasihilah orang yang tidak mengasihi kamu…
    Kasihilah orang yang membenci kamu…
    Inilah kekuatan hebat dari Ilahi yang tidak semua orang berilmu bisa melakukannya.
    GBU

  51. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh, aku kesio terkesan ka’ membaca tulisan kam ene, tapi deo ite ku taka ulun paser endo panatik beta jang suku, apalagi jang pan lemmu taka ene, aku ngentang ka kesio te one taka berbangga jang lemmu taka ene, belo di guna, lara di kehebat one lemmu taka ene mate lou pada akhir yo, sama ka taka manusia ene, taka cenipta belo te berbangga jang diri taka, jang lemmu taka, tapi taka di ciptakan te beribadah, dan ketone taka kuli memurnikan ibadah taka ena bergelut jang pan lemmu taka ene,,,,
    ma’af ena keo yo tersinggung….

  52. permisi tua… permisi uda…
    mf sebelumnya, saya hanya menyampaikan klo kekuatan gaib itu memang ada tp sebenarnya bukan untuk kita jadikan kebanggaan, kita manusia biasa bisa mati juga, dan semua apa yg hidup psti mati, jd ketrangan ilmu2 di atas wajar buat pengetahuan dan tp juga jgn mem-vonis klo itu ilmu dengan persekutuan iblis, yg sya tw bnyak ilmu yang bisa sebagai pengobatan dll untuk yg baik, semua kegiatan org sesuai dari qalbunya masing2, klo mmg ingin jahat ya brti mmg jahat klo mmg untuk baik ya brti untuk kebaikan.dan yg mesti di ingat kita org kalimantan tidak sejahat seprti org2 bayangkan qta bisa lebih ramah dari pada yg ramah dan kita lebih baik dari pada yg baik….

  53. Keluarga saya dari suku dayak ngaju, Saya memiliki mandau warisan keluarga yg umurnya sudah ratusan tahun, dan konon dipakai untuk mengayau pada awal abad 20. Apa yg harus saya lakukan untuk merawat mandau tersebut. Kepala mandau terbuat dari tulang berukir kepala ular, mandaunya sangat tajam bisa untuk memotong kertas.

  54. salm knal saudara2x/i… saya pernah dengar kasiat minyak bintang… tolong info bisa dapat. untuk obat patah tulang ku…

  55. mau tanya kalau mau minta uang yang di larikan orang untuk kembali ke kita dengan cara apa yang paling dasyat atau cepat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s