ilmu leak Bali

Ilmu Leak…..

dimasyarakat Bali orang yg bisa ilmu ini disebut NGELEAK,,krn sifat ilmu ini yg rahasia, maka belajarpun orang sembunyi-sembunyi. Orang yg bisa Ilmu ini biasanya tidak ada yg mau mengaku…
Di Bali belum ada perguruan Ilmu Leak secara terbuka, shg untuk mempelejari ilmu ini sangat susuh tuk mendapatkan guru yg mumpuni. shg dikwatirkan ilmu ini bisa punah.. sangat disayangkan ilmu ini kalau sampai punah.

Ilmu Leak adalah ilmu yg hanya dapat dipelajari dgn aguron-aguron dibawah bimbingan Nabe atau mendapat penugrahan dr sesuhunan apaka dr Durga atau sesembahan lain…sekali lagi jangan disalah artikan…Mempelajari Ilmu Leak juga tergantung bakat dan kelahiran, namun pada perinsipnya semua orang dapat mempelajarinnya. Dan karana karma pula bisa dan tidak bisanya, mahir dan tidak mahirnya seseorang akan dapat kelihatan..ada yg belajar cepat ada yg belajar lambat… Sekali lagi Sabuk Pengeleakan adalah salah kaprah….krn sabuk yg mempunyai sensasi spt itu bukan sabuk pengeleakan…Suksma

Kesalahpahaman berabad-abad.

Secara awam Leak diibaratkan seperti sosok yg menakutkan dan jahat, membuat penyakit, membuat celaka, membuat onar dan sebagainya…anggapan seperti ini tidaklah sepenuhnya benar, suasana ini memang dikondisikan sedemikian rupa sehingga Leak dimata masyarakat mendapat tempat yg rendah..
Anggapan spt ini terus terjadi secara turun temurun dan seakan sudah mendarah daging dimasyarakat… Leak jadi kambing hitam !!!.Ini menjadi subur juga karena banyaknya mitologi-mitologi , tutur-tutur yg mendiskriditkan Leak. spt mitologi/cerita Ki Balian Batur, Calon Arang, Tanting Mas, Dukuh Suladri dan lain-lain.

Sifat Ilmu Leak.

Sifat yg menonjol dr penekun Leak adalah “rahasia” . kerahasian inilah menjadi ciri khas dr penekun Leak. Dan krn sifat inipulah seakan Leak tidak bisa membela diri dari berbagai macam prasangka, duduhan, pelecehan, rekayasa balian, dan sebagainya yg merugikan dan merusak nama Ilmu Leak.
Karena kerahasiaan pula jarang orang yg mau mengakui menguasai Ilmu Leak dan jarang pula ada perguruan Leak secara terbuka.

Disamping itu dlm literatur spt lontar-lontar,, kebanyakan kurang dapat menyajikan secara penuh dan sistimatis, sehingga untuk mendapatkan info tentang Leak menjadi sangat sulit. Disamping itu banyak penekun Leak kurang bisa menuturkan atau menguraikan secara rinci dan sistimatis dr Ilmu Leak.
Namun nampaknya sudah semakin banyak para penekun sprituil di Bali bahkan luar Bali yg mengumpulkan bahan serta mempelajarinnya..
Secara Literatur Ilmu Leak atau Pengeleakan dikelompokan menjadi dua kelompok :
1. Leak Sari.
Leak sari dlm masyarakat diistilahkan dengan NGISEP SARI, digolongkan sebagai Leak Putih atau Leak baik,, pantang untuk menyakiti. Golongan Leak ini lebih menekankan pd penggunaan ilmunya untuk membantu dan meningkatkan sprituil.
2. Leak Badeng.
Leak badeng / Leak selem (Hitam) digolongkan sebagai Leak jahat.
Leak spt inilah yg merusak perguruan Leak dlm masyarakat, dan sudah tentu pula Leak menjadi biang kerok setiap mara bahaya di masyarakat. Jenis Leak ini juga dikatagorikan sebagai Leak Pamoroan..

 

Atraksi leak

 

Dalam dunia perLEAKan..konon juga mengenal atraksi semacam unjuk kebolehan diantara para nenekun LEAK. dalam atraksi ini para leak akan unjuk kebolehan dari berbagai tingkatan, seperti perguruan silat.
Mereka mengadakan perang-perangan..antaksi diudara dan berbagai macam ujuk kebolehan lainnya…
Mungkin semacam POAL alias pekan Olah Raga Antara Leak…

Atraksi para Leak konon diadakan dibeberapa tempat dan dapat dilihat dgn mata telanjang, biasanya diadakan setiap 6 bulan sekali yaitu pada malam KALOPAKSO yaitu sehari menjelang tumpek Wayang.
Pd malam ini biasanya para Leak mengadakan sangkep dan pesta-pesta dalam pesta inilah bisanya dilakukan antraksi unjuk kebolehan dari berbagai tingkat.. konon para Leak sangat senang dan antosias mengisi acara tersebut. Lalu klu dapat dilihat oleh orang awam dgn mata telanjang…bagaimanakah wujudnya..??? Poal semacam ini biasanya dapat dilihat hanyalah berupa endih..atau semacam bola api yg penuh warna ..langit seakan meriah mirip pesta kembang api, bedanya endih disini terbang keangkasa menukik dan bisa berbenturan dgn endih lainnya… Biasanya unjuk kebolehan semacam ini spt mengadu kesaktian antar Leak dr berbagai Desa..

Sabuk pangleakan

 

Apakah Ngeleak bisa dipelajari secaran instan…???, apakah ngeleak bisa dilakukan dengan serana tertentu..??? apakah bisa ngeleak dapat tanpa disadari..???
pertanyyan ini sering menjadi pembicaraan dimasyarakat, ada yang mempercayai itu bisa dilakukan dengan salah satu serana berupa SABUK PENGELEAKAN..

Lalu apa itu sabuk pengeleakan..???
Baru -baru ini teman memiliki sabuk terbungkus dr kain POLENG panjangnya sekitar 45 cm berupa ruas 7 buntilan + pengikatnya panjangnya sekitar 1 meter. cara penggunaannya diikatkan dipinggang..
Tiap Kajeng Klion uwudan sabuk tersebut harus diritualkan dgn memakai samblehan ayam hitam semululung…(anak ayam yg berbulu hitam)
Bila mana sabuk itu dipakai (malam) dia seakan tidur nyenyak dan melayang mimpi indah pergi ketempat-tempat yg pemandangannya indah..terkadang ketemu mahluk2 seram namun ditempat yg indah…sering juga dia ketemu sama orang2 yg dia tidak kenal, namun sok akrab..begitu juga sering ketemu sama orang tertentu yg kesehariaanya di curugai bisa Ngeleak.

Suatu ketika dia pergi keluar daerah (masih di bali) sabuk tersebut dipakai..ada bangkai anjing dilihatnya spt buah nangka yg sedang masak…begitu sabuk dilepas dia muntah-muntah. Sabuk tersebut lama tidak dipakai karena takut akan kejadian-kejadian yg dia alami…akhirnya dia sarankan sabuk tersebut dipralina….dibakar dan dianyut kelaut…
Sesabukan adalah suatu benda yg dibuat dr bahan tertentu dan dgn rerajahan tertentu lalu diisi pengurip alias dipasupati agar memurti sesuai dgn kegunaan dan kebutuhan seseorang…
Sesungguhnya Sabuk pengeleakan itu sering menjadi salah kaprah dimasyarakat, sebab sabuk pengeleakan itu sebenarnya TIDAK ADA, hal semacam itu adalah sabuk yg khusus untuk keperluan tertentu yg dapat mengarah kepada NERANGJANA atau semacam AJI UGIG.

Siat Peteng..

Apakah siat peteng identik dengan adu ilmu atau semacam perang tanding…??
Siat peteng atau perang ilmu dalam hal ini tidak sama dengan perang tanding yg dapat disaksikan dengan mata telanjang, atau diadakan spt adu ilmu kanuragan semacam ilmu bela diri.
Dalam siat peteng ada hal2 yg tidak bisa dimengerti dengan akal sehat, namun lebih menekankan pd kemampuan “sprituil” dr kalangan tertentu. lalu dapatkah siat peteng dibuktikan secara nyata,
Saya mencoba mengadakan pendekatan dan ngobrol2 dengan mereka yg mengetahui “fenomena” ini termasuk juga dr mereka yg pernah melakukan siat peteng.

Siapa saja yg melakukan siat peteng,
Siat peteng dapat dilakukan oleh mereka yg mempelajari ilmu kebatinan dan juga oleh mereka yg “melik” yg karena kelahirannya atau karmanya. Dan konon orang yg melik bisa tanpa disadari bisa melakukan siat peteng tanpa mereka belajar ilmu kebatinan. Contoh spt ini ada banyak dimasyarakat , Hal ini dialami oleh Paman saya, dimana suatu malam dia bermimpi mengadu ilmu atau siat peteng dgn sesorang disuatu arena yg dia tidak tahu tempat itu ada dimana, dlm siat tersebut paman saya menang dan dapat membunuh lawannya, namun dia kena pukul dikepalanya sampai luka parah. Dan semenjak itu paman saya mengidap sakit kepala dan tidak bisa sembuh, walau sudah berobat di dokter. Sakit ini dia bawa sampai meninggal.

Dalam siat peteng, pesertanya sangat menjunjung aturan permaianan, dan bahkan musuh yg dikalahkan sampai mati, dlm dunia nyata mereka meninggal si pemenang sampai melayat dan mendoakan agar musuh yg telah dibunuh tersebut mendapat tempat yg layak sesuai karmanya. Dalam siat peteng, juga ada wasit, dan ada dokter, wasit ini mengatur dan mengawasi siat agar tidak ada kecurangan, serta dokter ini menjadi tim medis yg memberikan pertolongan bila peserta mengalami luka2.
Lalu bagaimana klu mengalami kekalahan apakah bisa minta tempo agar tidak mati seketika…???
ternyata bila mengalami kekalahan peserta bisa minta tempo, contohnya menunggu bila anaknya paling kecil sudah dewasa, atau bila membangun rumah permanen.
Sy pernah ngobrol dgn orang yg melakoni siat peteng, dan kalah lalu minta tempo sampai anaknya yg paling kecil menikah. Dia bercerita bila anaknya yg paling kecil sudah menikah, maka dia akan mati..dan benar 3 hari setelah anaknya yg paling kecil menikah dia meninggal dunia..

Ciri – ciri orang ngeleak

 

Pingin tahu gemana cirinya orang bisa Ngeleak..??
wah..untuk yg satu ini bisa jd rame urusannya, bila tidak mengetahui secara jelas atau hanya dapat berita dan penjelasan yg salah. Dengan penjelasan yg salah maka kita akan menuduh orang yg tidak salah.

Benarkah Bawang merah bisa mengetes orang bisa Ngeleak..???
Anggapan dimasyarakat, tentang bawang merah yg bisa dijadikan benda “penguji” orang bisa Ngeleak sudah bukan rahasia lagi.. Konon caranya…bila ada yg motong bawang matanya keluar air (air mata cepat keluar) maka yg bersangkutan bisa Ngeleak.. Ini adalah anggapan atau pendapat yg salah kaprah,
coba aja adakan lomba memotong bawang..pasti sebagaian peserta mengeluarkan air mata…

Benarkah ciri orang Ngeleak bila diajak bicara nggak mau memandang kita…???
pendapat ini juga salah kaprah dan mengada-ada, Bagaimana klu orang Pemalu…???
Bagaimana klu kebiasaan di Bali yg pantang memandang Orang Tua bila sedang berhadapan atau sedang berbicara (tidak melihat mata lawan bicara). Bilamana kalau orang itu matanya jereng

Benarkah ciri orang bisa Ngeleak tumbuh bintik2 spt util berwarna merah sesekitar mukanya..???.
Wah ini juga belum tentu…dan masih harus diuji kebenarnya,, Bagaimana klu orang tilas..
bagaimana klu dia kena penyakit kulit dan berbekas..???Lupakan ini..!!!!

Benarkah ciri orang Ngeleak bau badannya menyengat..???
Wah ini juga salah kaprah, BB bukan disebabkan krn orang belajar Ngeleak. Coba aja minum ramuan daun beluntas + Kunir+madu secara rutin dijamin BB akan hilang.

Lalu apa ciri orang bisa NGELEAK.
Belajar Ilmu sprituil tidak sama dengan Ilmu bela Diri, klu belajar Ilmu bela diri spt Tinju,Karate akan jelas nampak ciri2 fisiknya. Orang yg bisa ilmu Leak tidak akan nampak pd penampakan fisik yg sangat mencolok, justru terkadang kita tidak menyangka orang tersebut bisa Ilmu Leak.

Orang yg mendalami Ilmu Leak;
- Tidak sombong/menyombongkan diri.
- berpenampilan Kalem dan mudah menolong sesama.
-Berwajah cerah (aura) positif terpancar dr wajahnya.
-lemah lembut, rapi dan bersih dlm berpenampilan.
-Rajin sembahyang.

( sumber ; sukarmen Hadiwijaya ).

Michaeljackson

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

16 thoughts on “ilmu leak Bali

  1. saya seorang pelajar kelas 2 sma dari lampung, tiap malam saya selalu bersemedi untuk mendapat pencerahan dan sensasi tapa, saya ingin belajar ngeleak, kepada siapakah saya harus belajar dilampung?

    • kalau km mau belajar leak datang saja ke bali sebnarnya ilmu ini tdk ada khusus untuk jd leak,leak di maksud adalah ilmu yg alirannya hitam atau jht,pada dasrnya orang belajar ilmu batin di bali sekali gus aliran kanan dan kiri..kalu ilmu yg kt punya untk brbuat jht otomatik ke kiri kalu ilmu itu di gunakn dgn baik spt pengobatan so aliran dia ke kanan..makanya balian2 di bali mereka belajar ilmu ini mereka bs buat jht dan bs buat baik,kalaupn di dalm ilmu tsb ada unsur pengleakan tp dia tk menggunakannya otomatik dia jln kan aliran kanan tapi sesungguhnya dia tau tentang pengleakan,kalu tdk tau bagaimana dia akn tau mengobati penyakit karena di leaki

  2. saya orang bali tpi saya tinggal di nusa lembongan
    klau ingin bnyak tw tentang leak dtang sja ksini di lembongan itu terknal dengan pengelak kan nya yg terknal di sluruh bali

  3. Leak atau Liak berasal dari kata “Li=Lintang, Ak=Aksara yaitu SI,WA,YA,MA,NA. Sejatinya Liak adalah suatu ilmu kebatinan(sama seperti kebatinan lain) yg bertujuan mendapatkan kecerahan batin (pendekatan diri pada sang pencipta)serta perlindungan diri dari hal2 yg buruk bukan untuk berbuat buruk seperti yg saat ini berkembang dimasyarakat. Ilmu yg sejatinya merusak ajaran pengeliakan adalan ilmu TELUH atau NERANGJANA (Ilmu penestian/pangiwa)yg khusus diciptakan untuk menyakiti bahkan membunuh dengan menggunakan aji-aji(mantra)serta rerajahan!Untuk belajar ilmu pangeliakan diBali ada perguruan Sandhi Murti yg diKetuai I Gusti Ngurah Harta..

  4. gk salah cuy mw belajar leak!!! leak itu ilmu yg berbahaya, ap lg klo gk bsa disikapi dgn bijaksana!!! sy sendiri suku bali tp tgl di SULTRA… dikampung sy di sultra byk skli org yg bsa ngeleak, n rata2 semuanya jahat…. mereka gunakan kemampuannya u2k mengganggu orang!!! biasanya mereka ganggu org karena iri, apkh org itu lebih kaya at yg lain!!! jd sy sarankan jgn coba2 sm hal yg beginian… krna urusannya bsa panjang!!! tp klo mas bro emang mau dan ingin sy sarankan km belajar ke Bali langsung, di SANUR tepatnya…. krna disitu sarangnya leak!!!!

  5. ILMU LEAK ITU ADA EMPAT JENIS BROWWW…
    A. ILMU LEAK KARENA KETURUNAN
    B. ILMU LEAK KARENA KITA MEMBELINYA, SEMACAM SANTET GITU.
    C. ILMU LEAK KARENA BELAJAR
    D. ILMU LEAK KARENA DAPAT ANUGRAH DARI KEHENDAK YANG DIATAS

    JADI PILIHLAH A B C D… HEEEEEE…….

  6. Di atas di sebutkan ciri-ciri Orang yg mendalami Ilmu Leak al :

    - Tidak sombong/menyombongkan diri.
    - berpenampilan Kalem dan mudah menolong sesama.
    -Berwajah cerah (aura) positif terpancar dr wajahnya.
    -lemah lembut, rapi dan bersih dlm berpenampilan.
    -Rajin sembahyang..

    Semua ciri-ciri itu ada pada diri saya, bagaimana anda bisa mengambil kesimpulan
    bahwa ciri-ciri orang yang mendalami Ilmu Leak seperti yang Anda sebutkan ?

    Sejatinya saya adalah orang yang patuh dengan Ajaran Dharma, saya pantang menyakiti sesama, baik dengan ucapan maupun prilaku. Didikan yang saya dapat dari orang tua semenjak saya kecil adalah selalu bersyukur dalam keadaan apapun dan menerima diri dan hidup apa adanya. Dari kecil saya belajar mengalahkan 6 musuh pada diri, yakni Sad Dripu.
    Saya suka belajar spiritual bukan dari Guru atau seseorang, melainkan dari diri sendiri dan Guru saya ada dalam diri saya. Saya suka membaca atau mendengar kisah Pewayangan…
    dimana saya bisa mendapatkan petuah dan nasehat yang bisa menjadikan saya sosok manusia yang baik dan selalu berjalan ke arah kebaikan (Dharma).

    Sekalipun jalan hidup yang harus saya lalui dari saya remaja sangat berat dan amat
    berat, dan cobaan hidup selalu silih berganti, namun…. itu tidak mengubah iman saya menjadi sosok pribadi yang buruk, karena pengalam dalam hidup adalah Guru Sejati saya yang telah menjadikan saya manusia yang selalu mensyukuri arti hidup.

    Saya hanya mohon penjelasan dari Anda, bagaimana Anda bisa menyimpulan ciri-ciri orang yang mendalami Ilmu Leak seperti yang Anda utarakan di atas.

    Terimakasih !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s